EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENGURANGI PERILAKU BULLYING SISWA KELAS XII SMK NEGERI 1 LAHUSA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Nias Raya

  • Putri Yani Agus Berkat Halawa
Keywords: Layanan bimbingan kelompok; teknik role playing; perilaku bullying; siswa

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi perilaku bullying yang terjadi diantara siswa kelas XII SMK Negeri 1 Lahusa. Tujuan penelitian yaitu: Mendeskripsikan tingkat perilaku bullying siswa sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing. Mendeskripsikan tingkat perilaku bullying siswa setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing. Menguji layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik role playingmengurangi perilaku bullying siswa.Jenis penelitian yang digunakan pre-eksperimen yaitu the one-group pretest-posttest design. Populasi dan sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas XII yang berjumlah 20 orang.Hasil penelitian: Perilaku bullying siswa sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik role playingsecara rata-rata termasuk pada kategori tinggi.Perilaku bullying siswa sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik role playing secara rata-rata termasuk pada kategori rendah.Layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik role playingaefektifuntukmengurangi perilaku bullying dimana siswa tidak lagi melakukan perilaku bullying. Kesimpulan: Perilaku bullying siswa sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik role playing tergolong pada kategori tinggi, dimana siswa mengejek temannya, memanggil temannya dengan sebutan nama orang tua, dan siswa meminta dibuatkan tugas sampai disaat ujian minta untuk diberikan contekan. Perilaku bullying siswa sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik role playingtergolong pada kategori rendah, dimana siswa sudah dapat mengubah perilakunya, tidak lagi saling mengejek, siswa tidak memanggil temannya dengan sebutan nama orang tua, siswa lebih dapat mengontrol emosionalnya, dan tidak lagi meminta dibuatkan tugas, tetapi mengerjakan sendiri. Saran:Bagi siswa, harus selalu mengikuti layanan bimbingan kelompok agar tidak ada pelaku dan korbanbullying.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Azwar, Saifuddin. 2017. Penyusunan Skala Psikologi Edisi 2. Yogyakarta: PT Pustaka Pelajar.
Astuti, Ponny Retno. 2008. Meredam Bullying (Cara Efektif Mengatasi K.P.A). Jakarta: PT. Kompas Gramedia.
Daryanto. 2013. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hamdayana, Jumanta. 2017. Model dan Metode Pembelaajran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: PT. Ghalia Indonesia.
Hartinah, Siti. 2009. Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: Reflika Aditama.
Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif: Referensi Guru dalam Menentukan Model Pembelajaran. Medan: Media Persada.
Kurnia, Imas. 2016. Bullying. Yogyakarta: PT. Relasi Inti Media.
Laia, B., Telaumbanua, E. P., Tafonao, Y., Gulo, T., & Hulus, F. A. (2022). Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19. CV Jejak (Jejak Publisher).
Laia, B., Lase, Y. S., Moho, S. M., Hulu, Y., & Laia, Y. (2022). Motivasi Anak Desa: The True Story of Life. CV Jejak (Jejak Publisher).
Prayitno dan Amti. 2008. Dasar-dasar Bimbingan konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Prayitno, dkk.2017. Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok. Bogor: PT Ghalia Indonesia.
Priyatna, Andri. 2010. Lets End Bullying (Memahami, Mencegah, dan Mengatasi Bullying). Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Roestiyah. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Riduwan. 2015. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: PT. Alfabeta.
Satriah, Lilis. 2017. Bimbingan konseling Kelompok (Seting Masyarakat). Bandung: PT. fokusmedia.
Sejiwa, Yayasan Semai Jiwa Amini. 2008. Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan Sekitar Anak. Jakarta: Pt. Grasindo.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.
Sudijono, Anas. 2014.Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sukardi,Dewa Ketut dan Kusmawati, Nila. 2008. Proses Bimbingan konseling di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Bu'ulolo, S., Zagoto, S. F. L., & Laia, B. (2022). PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENCEGAH BULLYING DI SMA NEGERI 1 AMANDRAYA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 2(1), 53-62.
Gaho, J., Telaumbanua, K., & Laia, B. (2022). EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LAHUSA TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 1(1), 38-46.
Harita, A., Laia, B., & Zagoto, S. F. L. (2022). Peranan Guru Bimbingan Konseling dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa SMP Negeri 3 Onolalu Tahun Pelajaran 2021/2022. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 2(1), 40-52.
Laia, B. (2018). Kontribusi Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Stkip Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 6(1), 70-70.
Laia, B., & Zai, E. P. (2020). Motivasi Dan Budaya Berbahasa Inggris Masyarakat Daerah Tujuan Wisata Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Tingkat Slta (Studi Kasus: Desa Lagundri-Desa Sorake-Desa Bawomataluo). Jurnal Education and Development, 8(4), 602-602.
Laia, B. (2022). SOSIALISASI DAMPAK KEGIATAN KULIAH KERJA NYATA DI DESA (STUDI: DESA SIROFI). Haga: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 74-84.
Laia, B., & Daeli, B. (2022). Hubungan Kematangan Emosional dengan Penyesuaian Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Faomasi Kecamatan Lahomi Kabupaten Nias Barat. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 2(2), 12-24.
Laia, B., Sarumaha, M., Zalukhu, M. C., Ndruru, M., Telaumbanua, T., Ndraha, L. D. M., & Harefa, D. (2021). PENDEKATAN KONSELING BEHAVIORAL TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL SISWA. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 159-168.
Laia, Y., Sarumaha, M. S., & Laia, B. (2022). BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 3 SUSUA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 2(1), 1-12.
Laia, B., Zagoto, S. F. L., Fau, Y. T. V., Duha, A., Telaumbanua, K., Ziraluo, M., ... & Harefa, D. (2022). PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMA NEGERI DI KABUPATEN NIAS SELATAN. Jurnal Ilmiah Aquinas, 162-168.
Ndruru, H., Zagoto, S. F. L., & Laia, B. (2022). PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA DI SMA NEGERI 1 ARAMO TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 2(1), 31-39.
Published
2023-01-30
How to Cite
Halawa, P. Y. A. B. (2023). EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENGURANGI PERILAKU BULLYING SISWA KELAS XII SMK NEGERI 1 LAHUSA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 2(1), 111-122. https://doi.org/10.57094/faguru.v2i1.651