ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KESULITAN GURU TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN ONLINE DI SMP NEGERI 2 MAZINO TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021
Abstract
Pembelajaran daring merupakan proses pembelajaran yang dilakukan dengan jarak jauh, artinya proses belajar mengajar selama Covid-19 tetap dilaksanakan dari rumah masing-masing. Covid-19 merupakan singkatan dari Corona Virus Diases 2019. Covid-19 ini adalah jenis virus yang melanda seluruh dunia sehingga membatasi segala sesuatu kegiatan manusia. Oleh karena itu, proses pembelajaran hanya dapat dilakukan dengan cara daring. Tentunya selama proses pembelajaran berlangsung ada beberapa faktor kesulitan guru yang dialami selama proses belajar berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kesulitan apa saja yang dialami oleh guru selama proses pembelajaran online. Jenis penelitian skripsi ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian fenomenologi.Pengumpulan data ini dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan peneliti menunjukan bahwa ada beberapa faktor kesulitan Guru selama proses pembelajaran online, yaitu : (1) tidak semua siswa SMP Negeri 2 Mazino memiliki HP Android, (2)ada beberapa siswa yang kurang mampu mengoperasikan HP Android, (3) lampu sering padam, dan (4) Jaringan yang kurang stabil. Dari beberapa uraian diatas menunjukkan bahwa selama proses pembelajaran online di SMP Negeri 2 Mazino dilakukan dengan cara pembagian materi lewat group yang telah dibuat, berkomunikasi dengan orangtua dan melakukan kerja kelompok.
References
Afriza. 2014. Manajemen Kelas. Pekanbaru : Kreasi Edukasi.
Asrul, dkk. 2015. Evaluasi Pembelajaran. Medan : Perdana Mulya Sarana.
Belawati, Tian. 2020. Pembelajaran Online. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Dangnga, Muhammad Siri, dkk. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran Inovatif. Makassar : Sibuku Makasar.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Hadi, Abd, dkk. 2021. Penelitian Kualitatif Studi Fenomenologi, Case Study, Grounded Theory, Ednografi, Biografi. Banyumas : Pena Persada.
Hamalik, Oemar.2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.
Harjanto. 1997. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hudojo, Herman. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika.Malang: Universitas Negeri Malang.
Hunaepi, dkk. 2014. Model Pembelajaran Langsung Teori dan Praktik. NTB : Duta Pustaka Ilmu.
Kurniawan, Agung Widhi, dkk. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta : Pandiva Buku.
Nurhadi, Ali. 2017. Profesi Guru Menuju Pembentukan Guru Profesional. Jawa Barat : Goresan Pena.
Prawiradilaga, Dewi Salma. 2012. Wawasan Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sagala, Syaiful. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
____________ . 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Press.
Sinambela, Lijan Poltak. 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakata : Graha Ilmu.
Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
________. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Surokim. 2017. Internet, Media Sosial & Perubahan Sosial di Madura. Madura : Prodi Komunikasi.
Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Wijoyo, Hadion, dkk. 2021. Efektivitas Proses Pembelajaran di Masa Pandemi. Solok : Insan Cendekia Mandiri.
Sumber dari Skripsi
Rahmawati, D. S. 2009. Kendala Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Melalui Internet Pada Mahasiswa PJJ S1 PGSD Universitas Negeri Semarang. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang: Semarang
Rahayu, U. 2017. Manfaat Panduan Belajar yang Diintegrasikan dengan Tutorial Online (PBTO) dalam Pendidikan Jarak Jauh (PJJ). Skripsi, 171.
Tsalasa, Ahmad Nashir. 2007. Pembelajaran Bertaraf Internasionaldi Sma Semesta Bilingual Boarding School Gunungpati Semarang (Studi Deskriptif Kualitatif Proses Perencanaan, Pelaksanaan, Dan Evaluasi Hasil Belajar). Skripsi, Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang.
Sumber dari Jurnal
Cucus, A., & Aprilinda, Y. (2016). Pengembangan E-Learning Berbasis Multimedia untuk Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh. Explore: Jurnal. Sistem Informasi Dan Telematika, 7(1). doi: 10.36448/jsit.v7i1.765
Laia, B. (2018). Kontribusi Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Stkip Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 6(1), 70-70.
Laia, B., & Zai, E. P. (2020). Motivasi Dan Budaya Berbahasa Inggris Masyarakat Daerah Tujuan Wisata Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Tingkat Slta (Studi Kasus: Desa Lagundri-Desa Sorake-Desa Bawomataluo). Jurnal Education and Development, 8(4), 602-602.
Suhery, dkk. (2020). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting dan Google Classroom pada Guru di SDN 17 Mata Air Padang Selatan. Jurnal. Inovasi Penelitian, 1(3), 129-132