PELAYANAN KLINIK GLORIA DALAM MEMBERIKAN LAYANAN INFORMASI KESEHATAN PASIEN (IMPLIKASI LAYANAN INFORMASI BIMBINGAN DAN KONSELING)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh dokter dan perawat Klinik Gloria dalam memberikan layanan informasi kesehatan pasien belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan Klinik Gloria Telukdalam tehadap pemberian layanan informasi kesehatan pasien (Implikasi layanan informasi Bimbingan dan Konseling). Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Instrumen penelitain ini yaitu peneliti sendiri dengan memilih informan sesuai dengan kepakarannya yang terdiri dari 2 orang dokter, 2 oarang perawat dan 5 orang pasien. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan Klinik Gloria dalam memberikan layanan informasi kesehatan pasien telah diberikan sesuai dengan kebutuhan pasien, akan tetapi beberapa pasien yang merasa kurang layanan informasi dari dokter dan perawat. Adapun faktor yang mempengaruhi layanan informasi yang kurang optimal yaitu: dokter dan perawat Klinik Gloria lebih banyaknya pasien yang dilayani sehingga kurang penyampaian informasi kepada pasien, lebih mengutamakan pasien yang gawat dari pasien yang penyakitnya biasa. Dapat disimpulkan bahwa pelayanan Klinik Gloria dalam pemberian layanan informasi kesehatan pasien belum maksimal karenakan banyaknya pasien yang dilayani. Saran bagi pimpinan Klinik Gloria supaya dapat menerima konselor sebagai tempat kosultasi pasien dalam memberikan layanan informasi kepada pasien dan tengan kesehatan ditambah. Bagi dokter dan perawat Klinik Gloria, sebaiknya lebih aktif dalam memberikan pelayanan maupun layanan informasi dalam meningkatkan kesehatan pasien.
References
Emirfan, TI. 2011. Healthy Habits You Must Know. Jogjakarta. PT. Buku Kita.
Fadillah, Rachmat. 2009a. Pedoman Kesehatan Bagi Anak Usia Sekolah. Banten: Talenta Pustaka Indonesia.
Fadillah, Rachmat. 2009b. Cara Hidup Sehat. Banten: Talenta Pustaka Indonesia.
Gunarti, Rina & Masrudi, Muchtar. 2019. Rekam Medis dan Informasi Kesehatan. Yogyakarta. Thema Publishing.
Ismaya, Bambang. 2019. Bimbingan dan konseling (Studi, Karier, dan Keluarga). Bandung: PT. Refika Aditama.
Iman, Arief Tarmansyah, Suryani Dewi Lena. 2017. Manajemen Mutu Informasi I: Quality Assurance, Desain oleh Tim P2M2.
Mathar, Irmawati. 2018. Manajemen Informasi Kesehatan (Pengelolaan Dokumen Rekam Medis. Yogyakarta. CV Budi Utama.
Prayitno & Erman, Amti. 2014. Dasar-dasar Bimbingan dan konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Suryabrata, Sumadi. 2013. Metodologi Penelitian. Bandung: PT. RajaGrafindo Persada
Sugiyono. 2016a. metode penelitian Bisnis (Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2016b. metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sulistyarini & Jauhar, Mohammad. 2014 Dasar--Dasar Konseling. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta. PT. Pustaka Baru.
Winkel & Hastuti, Sri. 2007. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Amalia, Rahayu, Huda, Nurul. 2020. Implementasi Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan pada Klinik Smart Medical. Jurnal SISFOKOM , (Online), Volume 09, Nomor 03, (rahayu_amalia@binadarma.ac.id, nurul_huda@binadarma.ac.id, diakses 10 Febuari 2022).
Laia, B., Sarumaha, M., Zalukhu, M. C., Ndruru, M., Telaumbanua, T., Ndraha, L. D. M., & Harefa, D. (2021). PENDEKATAN KONSELING BEHAVIORAL TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL SISWA. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 159-168.
Laia, B. (2019). Social Injustice In Stella Knightley’s Novel Girl Behind The Mask. Jurnal Education and Development, 7(4), 315-315.
Laia, B. (2019). Improving the Students’ Ability in Speaking by Using Debate Technique at the Tenth Grade of SMK Negeri 1 Aramo. Scope: Journal of English Language Teaching, 4(1), 1-9.
Laia, B. (2018). Kontribusi Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Stkip Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 6(1), 70-70.
Laia, B., Zagoto, S. F. L., Fau, Y. T. V., Duha, A., Telaumbanua, K., Ziraluo, M., ... & Harefa, D. (2022). PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMA NEGERI DI KABUPATEN NIAS SELATAN. Jurnal Ilmiah Aquinas, 162-168.
Laia, B., & Zai, E. P. (2020). Motivasi Dan Budaya Berbahasa Inggris Masyarakat Daerah Tujuan Wisata Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Tingkat Slta (Studi Kasus: Desa Lagundri-Desa Sorake-Desa Bawomataluo). Jurnal Education and Development, 8(4), 602-602.
Gaho, J., Telaumbanua, K., & Laia, B. (2022). EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LAHUSA TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 1(1), 38-46.
Toruan, Eka Masi Lumban. 2017. Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Pelabuhan Medan (Prima Husada Cipta), Skripsi. (Online), Medan: Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sumatera Utara, (httpp://repositori.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/2166/131000607.pdf, diakses 28 September 2021).
Nikmah, Nafiatum, 2016. Keefektifan Layanan Informasi untuk Meningkatkan Pemahaman Kesehatan Reproduksi Siswa Kelas 9 SMP N 1 Bonang Demak Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. (Online), Semarang: Jurusan Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Semarang, (http://lib.unnes.ac.id/23246/1/1301411031.pdf, diakses 06 Desember 2021).
Wowor, Liando, Rares. 2016. Pelayanan Kesehatan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas Amurang Timur Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal Ilmu Sosial & Pengelolaan Sumberdaya Pembangunan (Online), Volume 3, (https://123dok.com/document/yee3v8ey-pelayanan-kesehatan-kesehatan-masyarakat-puskesmas-kabupaten-minahasa-society.html, diakses 10 Febuari 2016)