ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI PERBANDINGAN SENILAI DAN BERBALIK NILAI DI KELAS VIII SMP SWASTA KRISTEN BNKP MAZINO TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Swasta Kristen BNKP Mazino yang berjumlah 14 orang. Data dianalisa dengan langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah tes berbentuk soal cerita dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa masih kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita. Kesulitan tersebut antara lain masih ada siswa yang kurang mengidentifikasi data yang diketahui dan data yang ditanya, siswa tidak dapat menerapkan konsep dan rumus perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai, siswa tidak dapat melakukan perhitungan atau komputasi matematika, siswa tidak memeriksa kembali jawaban yang diperoleh serta membuat kesimpulan. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai masih tergolong rendah. Peneliti menyarankan agar guru mata pelajaran matematika mengembangkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita dengan memberikan soal-soal latihan berbentuk cerita atau soal kontekstual.
References
Hamzah, Ali. 2014. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Haryono, Didi. 2014. Suatu Tinjauan Epistemologi dan Filosofil Filsafat Matematika. Bandung: Alfabeta.
Hendriana dan Sumarmo. 2016. Pembelajaran Inovatif Matematika Bernuansa Pendidikan Nilai dan Karakter. Bandung: PT. Refika Aditama.
Hendriana, Rohaeti dan Soemarmo. 2018. Hard Skill dan Soft Skill Matematik Siswa. Bandung: PT. Refika Aditama.
Lestari, Karunia Eka dan Yudhanegara, Mokhammad Ridwan. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Moleong, Lexy. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Penerbit Rosda.
Noer, Sri Hartuti. 2017. Strategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Matematika.
Rukajat, Ajat. 2018. Pendekatan Penelitian Kuantitatif (Quantitative Research Approach). Yogyakarta: Deepublish.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Sundayana, Rostina. 2016. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika untuk Guru, Calon Guru, Orang Tua, dan Para Pecinta Matematika. Bandung: CV. Alfabeta.
dari Jurnal Skripsi
Ariestina, Yunarti dan Sudarso. 2020. Analisis Kesulitan Siswa Kelas VII Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika (online) volume 3 Nomor 2 yang diakses pada tanggal 21 Maret 2021.
Laia, B., Sarumaha, M., Zalukhu, M. C., Ndruru, M., Telaumbanua, T., Ndraha, L. D. M., & Harefa, D. (2021). PENDEKATAN KONSELING BEHAVIORAL TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL SISWA. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 159-168.
Laia, B. (2019). Social Injustice In Stella Knightley’s Novel Girl Behind The Mask. Jurnal Education and Development, 7(4), 315-315.
Laia, B. (2019). Improving the Students’ Ability in Speaking by Using Debate Technique at the Tenth Grade of SMK Negeri 1 Aramo. Scope: Journal of English Language Teaching, 4(1), 1-9.
Laia, B. (2018). Kontribusi Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Stkip Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 6(1), 70-70.
Laia, B., Zagoto, S. F. L., Fau, Y. T. V., Duha, A., Telaumbanua, K., Ziraluo, M., ... & Harefa, D. (2022). PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMA NEGERI DI KABUPATEN NIAS SELATAN. Jurnal Ilmiah Aquinas, 162-168.
Laia, B., & Zai, E. P. (2020). Motivasi Dan Budaya Berbahasa Inggris Masyarakat Daerah Tujuan Wisata Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Tingkat Slta (Studi Kasus: Desa Lagundri-Desa Sorake-Desa Bawomataluo). Jurnal Education and Development, 8(4), 602-602.
Gaho, J., Telaumbanua, K., & Laia, B. (2022). EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LAHUSA TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 1(1), 38-46.
Dwidarti, Mampouw, dan Setyadi. 2019. Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (online) Volume 03 Nomor 02 yang diakses pada tanggal 21 Maret 2021.
Sari, Maya Nicky. 2020. Analisis Kesulitan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Matematika Materi Perbandingan Kelas VII SMP Luhur Baladika. Jurnal Equation Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika (online) Volume 3 Nomor 1 yang diakses pada tanggal 21 Maret 2021.
Toha, Mirza dan Ahmad. 2018. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Perbandingan Di Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (online) Volume 7 Nomor 1 https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/23626/18546 yang diakses pada tanggal 21 Maret 2021.