UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRY DI KELAS XI SMA NEGERI 3 SUSUA

  • Erdawati Laia SMA Negeri 3 Susua
Keywords: Peningkatan hasil belajar; strategi pembelajaran inquiri; sissem pencernaan manusia

Abstract

Berdasarkan latar belakang masalah bahwa proses pembelajaran masih berpusat pada guru dan guru masih belum menggunakan model pembelajaran yang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia melalui strategi pembelajaran inquiry di Kelas XI SMA Negeri 3 Susua. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen ini yaitu tes tertulis dan observasi. Kondisi awal pada penelitian ini  adanya upaya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran inquiri kelas XI SMA Negeri 3 Susua dalam mengikuti kegiatan pembelajaran karena siswa yang berperan aktif, banyak siswa mengajukan permasalahan dan juga menyelesaikan masalah, melatih siswa menyampaikan pendapat, siswa mampu mengumpulkan informasi, siswa aktif dalam diskusi, siswa mampu menyimpulkan hasil pembelajaran dan siswa mampu membentuk kerjasama dalam sebuah kelompok diskusi Pada siklus II menggunakan strategi pembelajaran inquiri dengan pemberian tes kepada siswa diakhir pembelajaran bahwa banyak siswa yang tuntas dengan kategori hasil belajar sangat baik sekali dan berbeda dengan pada siklus pertama bahwa hasil belajar siswa tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Kesimpulan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran inquiri kelas XI SMA Negeri 3 Susua. Saran untuk guru agar menjadikan strategi pembelajaran inquiri sebagai alternatif yang layak dipertimbangkan dalam pembelajaran. Peneliti selanjutnya diharapkan penelitian ini dapat menjadi referensi yang relevan dengan cakupan yang lebih luas lagi.

References

Agusmina Duha, & Darmawan Harefa. (2024). Pemahaman Kemampuan Koneksi Matematika Siswa SMP. CV Jejak (Jejak Publisher).

Arikunto, R. I., Wenitzky, N E., & Tannenboum, M. D. 2016. Exploring Teaching: An Introduction to Education. New York:McGraw-Hill Companies.

Aris Putra Laia. 2022. Makna Famesao Ono Nihalö Pada Acara Pernikahan Di Desa Simandraölö Kecamatan O’o’u FAGURU : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan Universitas Nias Raya (UNIRAYA), 1 (1), 28-41

Darmawan Harefa, Murnihati Sarumaha, Kaminudin Telaumbanua, Tatema Telaumbanua, Baziduhu Laia, F. H. (2023). Relationship Student Learning Interest To The Learning Outcomes Of Natural Sciences. International Journal of Educational Research and Social Sciences (IJERSC), 4(2), 240–246. https://doi.org/https://doi.org/10.51601/ijersc.v4i2.614

Duha, A. (2024). ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 3(2), 373-384. https://doi.org/10.57094/faguru.v3i2.1428

Ferlina Loi. 2022.Kemampuan Mengungkapkan Pengalaman Pribadi Siswa SMP Negeri 1 Toma Kelas IX-C Tahun Ajaran 2021/2022. FAGURU : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan Universitas Nias Raya (UNIRAYA), 1 (2), 307-316

Firman Duho. (2024). KETERAMPILAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 O’O’U DALAM MEMBACAKAN TEKS BERITA. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 3(2), 309-321. https://doi.org/10.57094/faguru.v3i2.1395

Foahonoa Zisokhi Nehe, Mesrawati Ndruru, Wiwin Cintia Dewi Bu’ulolo, Irman Imawan Laia, Matius Halawa, & Darmawan Harefa. (2024). Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Dimensi Tiga. CV Jejak (Jejak Publisher).

Gaurifa, M., & Darmawan Harefa. (2023). Development Of A Cartesian Coordinate Module To The Influence Of Implementing The Round Club Learning Model On Mathematics Student Learning Outcomes. Afore : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 45-55. https://doi.org/10.57094/afore.v2i2.1130

Gaurifa, M., & Darmawan Harefa. (2024). Learning Mathematics In Telukdalam Market: Calculating Prices And Money In Local Trade. Afore : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 97-107. https://doi.org/10.57094/afore.v3i2.2305

Harefa, D. (2025). Fisika Di Dunia Nyata : Evaluasi Pendidikan IPA Yang Tak Sekadar Hitungan Dan Rumus. CV Lutfi Gilang

Harefa, D. (2025). Getting To Know Yahowu And Ya’ahowu Warm Greetings From The Nias Community. KOHESI : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 15-27. Https://Doi.Org/10.57094/Kohesi.V5i2.2559

Harefa, D. (2025). Filsafat Pendidikan Nasional Sebagai Budaya Kearifan Lokal Nias. CV Lutfi Gilang

Harefa, D. (2025). Globalizing Hombo Batu The Role Of English In Promoting Nias Local Wisdom On The International Stage. Research On English Language Education, 7(1), 74-91. Https://Doi.Org/10.57094/Relation.V7i1.2638

Harefa, D. (2025). Hombo Batu A Traditional Art That Can Be Explained With The Laws Of Physics. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 4(1), 264-276. Https://Doi.Org/10.57094/Faguru.V4i1.2459

Harefa, D. (2025). Hombo Batu The Tradition Of South Nias That Teaches Courage And Cooperation. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 4(1), 75-84. Https://Doi.Org/10.57094/Faguru.V4i1.2454

Harefa, D. (2025). Implementation Of Pancasila Character Education In Hombo Batu In South Nias. CIVIC SOCIETY RESEARCH And EDUCATION: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. 6(1), 1-13, Https://Doi.Org/10.57094/Jpkn.V6i1.2566

Harefa, D. (2025). Improving Environmental Conservation Skills through Science Learning that Values the Local Wisdom of Hombo Batu in the Botohilitano Indigenous Community. Global Sustainability and Community Engagement, 1(3), 119–130. Retrieved from https://iesrjournal.com/index.php/gsce/article/view/302

Harefa, D. (2025). Innovation In Social Science Learning Based On Local Wisdom: Hombo Batu As A Cultural Education Media In South Nias. Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(1), 15-27. Https://Doi.Org/10.57094/Jpe.V6i1.2555

Harefa, D. (2025). Integrating Character Education Into Science Learning To Improve Academic Achievement At Sma Teluk Dalam. Tunas : Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1), 1-13. Https://Doi.Org/10.57094/Tunas.V6i1.2909

Harefa, D. (2025). Kearifan Lokal Nias Dalam Pembelajaran IPA. CV Jejak (Jejak Publisher)

Harefa, D. (2025). Mathematics As A Philosophical Foundation In Hombo Batu: Exploring Nias’ Local Wisdom Through The Perspective Of Mathematics. Afore : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 13-26. Https://Doi.Org/10.57094/Afore.V4i1.2557

Harefa, D. (2025). Ruang Lingkup Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Dasar. CV Jejak (Jejak Publisher)

Harefa, D. (2025). The Application Of Hombo Batu Local Wisdom-Based Learning In Enhancing Student Discipline And Cooperation In The Nias Islands. Ndrumi : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Humaniora, 8(1), 14-27. Https://Doi.Org/10.57094/Ndrumi.V8i1.2565

Harefa, D. (2025). The Influence Of Soil Texture Types On Land Resilience To Drought In South Nias. Jurnal Sapta Agrica, 4(1), 13-30. Https://Doi.Org/10.57094/Jsa.V4i1.2585

Harefa, D. (2025). Transformasi Pendidikan IPA Fisika Di Era Industri 5.0 : Mempersiapkan Generasi Pintar Dan Berinovasi, CV Lutfi Gilang

Harefa, D., I Made Sutajaya, I Wayan Suja, & Ida Bagus Made Astawa. (2024). Lowalangi Dalam Konsep Tri Hita Karana Dalam Kearifan Lokal NIAS. Ndrumi : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Humaniora, 7(2), 51-61. Https://Doi.Org/10.57094/Ndrumi.V7i2.2226

Harefa, D., I Made Sutajaya, I Wayan Suja, & Ida Bagus Made Astawa. (2024). Nilai Moral Tri Hita Karana Dalam Album “Keramat” Ciptaan H. Rhoma Irama. Ndrumi : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Humaniora, 7(2), 1-15. Https://Doi.Org/10.57094/Ndrumi.V7i2.2117

Hurit, B., & Weil, M. 2021. Model of Teaching. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Ndruru, F. (2024). PENERAPAN KURIKULUM 2013 TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 LAHUSA . FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 3(2), 357-372. https://doi.org/10.57094/faguru.v3i2.1426

Patrisia Sonia Sarumah.2022.Analisis Kesalahan Penulisan Kata Pada Karangan Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Fanayama Tahun Pembelajaran 2021/2022. FAGURU : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan Universitas Nias Raya (UNIRAYA), 1 (2), 276-285.

Ricca Albertin Zalogo.2022.Metaphor In Westlife Songs Lyric Of Spectrum Album. FAGURU : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan Universitas Nias Raya (UNIRAYA), 1 (2), 286-294

Rumiyati, C. R., Whorter, J. Y. V., Phares, V.L., & Suttles, C. W. 2021.“The Rule of Instructional Variables In Conceptual ChangeIn High School Physics Topics”. Journal of Research In ScienceTeaching. 31 (9).

Rustiani Duha, & Darmawan Harefa. (2024). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. CV Jejak (Jejak Publisher).

Servasia Setia Hati Wehalo. 2022. Pengaruh Ekstrak Daun Dan Akar Alang-Alang Terhadap Pertumbuhan Pakis Sayur (Diplazium Esculentum). FAGURU : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan Universitas Nias Raya (UNIRAYA), 1 (1), 42-54

Sri Indah Wahyuni Laia. 2022. Idiomatic Expression In Dangerous Album By Michael Joseph Jackson. FAGURU : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan Universitas Nias Raya (UNIRAYA), 1 (2), 307-316

Telaumbanu, T., Murnihati Sarumaha, Kaminudin Telaumbanua, Baziduhu Laia, Fatolosa Hulu, Harefa, D., & Anita Zagoto. (2025). Transformasi Botol Plastik Aqua Menjadi Tempat Sampah Ramah Lingkungan Berbasis Kearifan Lokal Desa Bawolowalangi. Haga : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 1-14. Https://Doi.Org/10.57094/Haga.V4i1.2779

Toni Hidayat, Amaano Fau, & Darmawan Harefa. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Terpadu. TUNAS : Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1), 61 - 72. https://doi.org/10.57094/tunas.v4i1.885

Toni Hidayat, Amaano Fau, & Darmawan Harefa. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Terpadu. TUNAS : Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1), 61 - 72. Https://Doi.Org/10.57094/Tunas.V4i1.885

Tonius Gulo, D. H. (2023). Identifikasi Serangga ( Insekta ) yang merugikan Pada Tanaman Cabai Rawit di Desa Sisarahili Ekholo Kecamatan Lolowau Kabupaten Nias Sealatan. Jurnal Sapta Agrica, 2(1), 50–61.

Umi Narsih, D. (2023). Bunga rampai “Kimia Analisis farmasi.” Nuha Medika. https://www.numed.id/produk/bunga-rampai-kimia-analisis-farmasi-penulis-umi-narsih-faidliyah-nilna-minah-dwi-ana-anggorowati-rini-kartika-dewi-darmawan-harefa-jelita-wetri-febrina-a-tenriugi-daeng/

Wardoyo, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi StandarProses Pendidikan, Jakarta: Kencana.

Wau, Christiana Surya W. 2022. students’ Difficulties In Writing Definition Paragraph At The Third Semester Students Of English Language Education Study Program Of STKIP Nias Selatan. FAGURU : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan Universitas Nias Raya (UNIRAYA), 1 (1), 1-9

Widar W. Maduwu. 2022. Pelayanan Klinik Gloria Dalam Memberikan Layanan Informasi Kesehatan Pasien (Implikasi Layanan Informasi Bimbingan Dan Konseling). FAGURU : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan Universitas Nias Raya (UNIRAYA), 1 (1), 55-66

Wina, D. N., & Unger, C. 2006. “Teaching and Learning For Understanding” dalam Reiggeluth, C. M. (ED.): Instruction-Design Theories and Models: A New Pradigm of InstructionTheory, Volume II. New Jersey: Lawrence Erlboum Associates,Publisher.

Yusni Lase, & Anita Zagoto. (2024). ANALISIS KESALAHAN PELAFALAN KATA DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA OLEH SISWA KELAS VIII-A DI SMP NEGERI 1 IDANOTAE . FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 3(2), 346-356. https://doi.org/10.57094/faguru.v3i2.1408

Published
2025-08-02
How to Cite
Laia, E. (2025). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRY DI KELAS XI SMA NEGERI 3 SUSUA. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 4(2), 223-236. https://doi.org/10.57094/faguru.v4i2.1774