PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS VII DI SMP NEGERI 1 MAZINO
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa kurang aktif belajar dan guru lebih banyak menggunakan metode ceramah dalam proses pembelajaran.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn Kelas VII SMP Negeri 1 Mazino.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (classroom action research).Populasi penelitian adalah siswa kelas VII sebanyak 16 orang dan menurut hasil belajar siswa, pada siklus I 60,94, jumlah siswa yang tuntas pada siklus sebanyak 7 orang, tingkat ketuntasan hanya 43,75%, sedangkan jumlah siswa sebanyak 9 orang, 56,25% tidak menyelesaikan siklusnya.Pada Siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 80,31 dan seluruh siswa yang berjumlah 16 orang lulus dengan tingkat ketuntasan 100%.Kesimpulan penelitian adalah penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn Kelas VII SMP Negeri 1 Mazino.Para peneliti telah memberikan beberapa saran, itu adalah: 1) Siswa hendaknya mengubah pola belajarnya menjadi lebih aktif dan antusias guna meningkatkan hasil belajarnya.2) Dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar, guru perlu menerapkan model pembelajaran ``pembelajaran berbasis masalah'' yang melibatkan siswa dalam pembelajaran aktif sehingga siswa tidak bosan dengan kegiatan belajar mengajar.3) Sekolah hendaknya mempunyai sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran terkait pembelajaran agar lebih memudahkan proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa.
References
Dimyti dan Mudjino. 2009. Balajar dan Pembalajaran. Jakarte: PT. Rineka Cipte.
Harefa, D. (2025). Fisika Di Dunia Nyata : Evaluasi Pendidikan IPA Yang Tak Sekadar Hitungan Dan Rumus. CV Lutfi Gilang
Harefa, D. (2025). Getting To Know Yahowu And Ya’ahowu Warm Greetings From The Nias Community. KOHESI : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 15-27. Https://Doi.Org/10.57094/Kohesi.V5i2.2559
Harefa, D. (2025). Filsafat Pendidikan Nasional Sebagai Budaya Kearifan Lokal Nias. CV Lutfi Gilang
Harefa, D. (2025). Globalizing Hombo Batu The Role Of English In Promoting Nias Local Wisdom On The International Stage. Research On English Language Education, 7(1), 74-91. Https://Doi.Org/10.57094/Relation.V7i1.2638
Harefa, D. (2025). Hombo Batu A Traditional Art That Can Be Explained With The Laws Of Physics. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 4(1), 264-276. Https://Doi.Org/10.57094/Faguru.V4i1.2459
Harefa, D. (2025). Hombo Batu The Tradition Of South Nias That Teaches Courage And Cooperation. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 4(1), 75-84. Https://Doi.Org/10.57094/Faguru.V4i1.2454
Harefa, D. (2025). Implementation Of Pancasila Character Education In Hombo Batu In South Nias. CIVIC SOCIETY RESEARCH And EDUCATION: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. 6(1), 1-13, Https://Doi.Org/10.57094/Jpkn.V6i1.2566
Harefa, D. (2025). Innovation In Social Science Learning Based On Local Wisdom: Hombo Batu As A Cultural Education Media In South Nias. Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(1), 15-27. Https://Doi.Org/10.57094/Jpe.V6i1.2555
Harefa, D. (2025). Integrating Character Education Into Science Learning To Improve Academic Achievement At Sma Teluk Dalam. Tunas : Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1), 1-13. Https://Doi.Org/10.57094/Tunas.V6i1.2909
Harefa, D. (2025). Kearifan Lokal Nias Dalam Pembelajaran IPA. CV Jejak (Jejak Publisher)
Harefa, D. (2025). Mathematics As A Philosophical Foundation In Hombo Batu: Exploring Nias’ Local Wisdom Through The Perspective Of Mathematics. Afore : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 13-26. Https://Doi.Org/10.57094/Afore.V4i1.2557
Harefa, D. (2025). Ruang Lingkup Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Dasar. CV Jejak (Jejak Publisher)
Harefa, D. (2025). The Application Of Hombo Batu Local Wisdom-Based Learning In Enhancing Student Discipline And Cooperation In The Nias Islands. Ndrumi : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Humaniora, 8(1), 14-27. Https://Doi.Org/10.57094/Ndrumi.V8i1.2565
Harefa, D. (2025). The Influence Of Soil Texture Types On Land Resilience To Drought In South Nias. Jurnal Sapta Agrica, 4(1), 13-30. Https://Doi.Org/10.57094/Jsa.V4i1.2585
Harefa, D. (2025). Transformasi Pendidikan IPA Fisika Di Era Industri 5.0 : Mempersiapkan Generasi Pintar Dan Berinovasi, CV Lutfi Gilang
Harefa, D., I Made Sutajaya, I Wayan Suja, & Ida Bagus Made Astawa. (2024). Lowalangi Dalam Konsep Tri Hita Karana Dalam Kearifan Lokal NIAS. Ndrumi : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Humaniora, 7(2), 51-61. Https://Doi.Org/10.57094/Ndrumi.V7i2.2226
Harefa, D., I Made Sutajaya, I Wayan Suja, & Ida Bagus Made Astawa. (2024). Nilai Moral Tri Hita Karana Dalam Album “Keramat” Ciptaan H. Rhoma Irama. Ndrumi : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Humaniora, 7(2), 1-15. Https://Doi.Org/10.57094/Ndrumi.V7i2.2117
Harianto. 2022. Menignkatkan Motivasi dan Hasil Balajar. Lombok Tegnah. PT. Pusat Pegnembagnan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Iskandar. 2009. Psikologi Pendidikan Sebuah Orientesi Baru. Gaugn Persada.
Jiad dan Hais. 2012. Evaluasi Pembalajaran. Yogyakarte: Multi Presindo.
Kunadar. 2012. Lagnkah Mudah Penelitian Tidakan Kalas: sebagai Pegnembagnan Profesi Guru. Jakarte: PT. Raja Grafindo Persada.
Telaumbanu, T., Murnihati Sarumaha, Kaminudin Telaumbanua, Baziduhu Laia, Fatolosa Hulu, Harefa, D., & Anita Zagoto. (2025). Transformasi Botol Plastik Aqua Menjadi Tempat Sampah Ramah Lingkungan Berbasis Kearifan Lokal Desa Bawolowalangi. Haga : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 1-14. Https://Doi.Org/10.57094/Haga.V4i1.2779
Toni Hidayat, Amaano Fau, & Darmawan Harefa. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Terpadu. TUNAS : Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1), 61 - 72. Https://Doi.Org/10.57094/Tunas.V4i1.885