HUBUNGAN KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS VIII SMP NEGERI 1 TOMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Kelas VIII SMP Negeri 1 Toma. Jenis penelitian ini digolongkan pada penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Adapun hasil penelitian yang peneliti dapatkan melalui angket yang telah dibagikan, menyatakan bahwa adanya pengaruh yang signifikan yang terjadi antara kreativitas guru dengan siswa dalam keberlangsungan kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Hal tersebut sesuai dengan dengan rumusan masalah dan tujuan penelitian bahwa penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara variabel kreativitas guru (X) terhadap hasil belajar siswa (Y) yaitu dengan menggunakan rumus analisis regresi linear sederhana sehingga memperoleh nilai thitung (2,827) > ttabel (1,714) dengan nilai signifikansi sebesar 0,05. Adapun yang menjadi kesimpulan dalam penelitian ini yaitu kreatifitas guru dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Yang menjadi saran dalam penelitian ini adalah (1) untuk meningkatkan hasil belajar siswa, guru harus memperhatikan kreatifitasnya dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar, (2) Siswa harus tekun dalam mengikuti setiap kegiatan pembelajaran yang di berikan oleh Bapak/Ibu guru, (3) Melalui penelitian ini, di harapkan kepada setiap guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar, mampu meningkatkan kreativitasnya untuk memperhatikan motivasi dan niat belajar.
References
A Sarumaha, HT La’ia.(2022). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SPLTV KELAS X SMK NEGERI 1 TOMA TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022. Afore: Jurnal Pendidikan Matematika 1 (1), 26-40
Aris Putra Laia. 2022. Makna Famesao Ono Nihalö Pada Acara Pernikahan Di Desa Simandraölö Kecamatan O’o’u FAGURU : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan Universitas Nias Raya (UNIRAYA), 1 (1), 28-41
Arlis, dkk. 2022. Budi Pekerti dan Charakter Building. Padang Sumatra Barat. PT. Global Eksekutif Teknologi.
Boty, Middya. 2018. Hubungan Kreativitas Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Mi Ma’had Islamy Palembang. JIP:Jurnal Ilmiah PGMI. Volume 4, Nomor 1, Juni 2018.
Dewantara, Harpeni Andi dan Harnida. 2020. Kreativitas Guru Dalam Memanfaatkan Media Berbasis It Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa.
Fadhallah. 2021. Wa wancara. Jakarta. Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPi)
Ferlina Loi. 2022.Kemampuan Mengungkapkan Pengalaman Pribadi Siswa SMP Negeri 1 Toma Kelas IX-C Tahun Ajaran 2021/2022. FAGURU : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan Universitas Nias Raya (UNIRAYA), 1 (2), 307-316
Fitriyani Yani, Supriatna Nana, Sari Zultrianti. 2021. Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Kreatif pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan. Vol. 7, No. 1 : Maret 2021
Hasan, Said. 2018. Profesi dan Profesional Guru. Sidoarjo, Kec. Pulung, Kab. Ponorogo. Uwais Inspirasi Indonesia.
HT Laia, A Sarumaha, A Tafonao (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Materi Aritmetika Sosial Kelas VII SMP Negeri 1 Luahagundre Maniamolo Tahun Pembelajaran 2020/2021. Jurnal Education and Development 10 (1), 588-595
Kasihani Giawa. 2022. analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Membaca Teks Pidato Oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Lölöwa’u. FAGURU : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan Universitas Nias Raya (UNIRAYA), 1 (2), 317-326
Lawuna. B. 2022. Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Perbandingan Senilai Dan Berbalik Nilai Di Kelas VIII SMP Swasta Kristen BNKP Mazino Tahun Pembelajaran 2021/2022. FAGURU : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan Universitas Nias Raya (UNIRAYA), 1 (1), 18-27
Lince Sulvan Waruwu.2022.Kemampuan Menulis Cerita Pendek SISWA SMP Swasta KristeN BNKP Telukdalam KelaS IX-2 Tahun Ajaran 2021/2022. FAGURU : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan Universitas Nias Raya (UNIRAYA), 1 (2),267-275
Maduwu, F. D. A. 2022. Studi Biodeversitas Ikan Air Tawar Di Sungai Gewa Sebagai Indikator Kesehatan Lingkungan , FAGURU : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan Universitas Nias Raya (UNIRAYA), 1 (1), 10-17
Margarita dan Tamonob Phidolija. 2021. Profesi Guru Adalah Misi Hidup. Jawa Barat. CV. Adanu Abimata.
Mustajab, Rosyid Zaiful & Abdullah, Rosid Aminol. 2019. Prestasi Belajar. Malang. Literasi Nusantara Abadi.
Patrisia Sonia Sarumah.2022.Analisis Kesalahan Penulisan Kata Pada Karangan Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Fanayama Tahun Pembelajaran 2021/2022. FAGURU : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan Universitas Nias Raya (UNIRAYA), 1 (2), 276-285.
Rachmawati, Yeni & Kurniati Euis. 2019. Strategi Pengembangan Kreatifitas Pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta. Prenada Media Group.
Restian, Arina. 2015. Psikologi Pendidikan. Malang. Perguruan Tinggi Indonesia.
Ricca Albertin Zalogo.2022.Metaphor In Westlife Songs Lyric Of Spectrum Album. FAGURU : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan Universitas Nias Raya (UNIRAYA), 1 (2), 286-294
Rofiqi & Rosyid Zaiful. 2020. Diagnosis Kesulitan Belajar Pada Siswa. Malang. Literasi Nusantara.
Ropi Muhhamad dan Fahrurozi. Evaluasi Hasil Belajar. Universitas Hamzanwadi Press 2017. Penerbit : Universitas Hamzanwadi Press.
Safitri, Dewi. Menjadi Guru Profesional. Riau. PT. Indragiri Dot Com.
Servasia Setia Hati Wehalo. 2022. Pengaruh Ekstrak Daun Dan Akar Alang-Alang Terhadap Pertumbuhan Pakis Sayur (Diplazium Esculentum). FAGURU : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan Universitas Nias Raya (UNIRAYA), 1 (1), 42-54
Sitepu, Menda S. Ayu. 2019. Pengembangan Kreatifitas Siswa. Guepedia.com
Sri Indah Wahyuni Laia. 2022. Idiomatic Expression In Dangerous Album By Michael Joseph Jackson. FAGURU : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan Universitas Nias Raya (UNIRAYA), 1 (2), 307-316
Suardi. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakrta. Budi Utama.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhono. 2022. Penggunaan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Sistem Reproduksi Manusia. Surakarta. UNISRI Press.
Suparno, Paul. 2019. Spritualitas Guru. Yogyakarta. PT. Kanisius Anggota IKAPI. (Ikatan Penerbit Indonesia).
Umrah. 2021. Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Ki Hajar Dewantara. Bandung. Penerbut: Indscript Creative.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen.
Urbayatun, Siti. 2019. Kesulitan Belajar dan Gangguan Psikologis Ringan Pada Anak. Yogyakarta. K-Media.
Wau, Christiana Surya W. 2022. students’ Difficulties In Writing Definition Paragraph At The Third Semester Students Of English Language Education Study Program Of STKIP Nias Selatan. FAGURU : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan Universitas Nias Raya (UNIRAYA), 1 (1), 1-9
Wibowo, Gunawan. 2010. Menjadi Guru Kreatif. Kaliabang Tengah-Bekasi. Media Maxima.
Wicaksono, Andri. 2022. Metodologi Penelitian Pendidikan (Pengantar Ringkas). Yogyakrta. Garudhawaca.
Widar W. Maduwu. 2022. Pelayanan Klinik Gloria Dalam Memberikan Layanan Informasi Kesehatan Pasien (Implikasi Layanan Informasi Bimbingan Dan Konseling). FAGURU : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan Universitas Nias Raya (UNIRAYA), 1 (1), 55-66
Yusuf, Ahyan, Mohammad. 2018. Profesi Keguruan:Menjadi Guru Yang Religius dan Bermartabat. Yogyakarta. Caramedia Communication.