IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENGATASI KRISIS MORAL PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SEKOLAH SMP NEGERI 1 LUAHAGUNDRE MANIAMOLO T.A 2022/2023

  • Sri Astuti Zega Mahasiswa Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nias Raya
Keywords: Pendidikan, Krisis Moral

Abstract

The problem of this research is the occurrence of a moral crisis in students in the learning process. The results of this research show that studying character education in Civics subjects can overcome students' moral crises. Therefore, it may be inferred that character education is being implemented in the Civics curriculum at SMP Negeri 1 Luahagundre Maniamolo, namely: a. Provide coaching to students. b. Give awards or appreciation to students who are successful in applying character values. c. Provide an example to students. d. Creating a democratic school environment. e. Create comfort for students. f. Provide a good approach. Even though there are many efforts made by teachers to implement character values ​​and overcome moral crises, there are still obstacles that teachers face. This obstacle is the lack of children's seriousness in learning, this makes it difficult for teachers to apply character education to learning, for example the child's attitude is indifferent towards the teacher during learning. The suggestion from researchers is that schools should be able to create a comfortable school environment to make it easier to instill character education for students.

References

Ali. 2018. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya. Jakarta: Kencana.

Bahri, iS. 2015. ImplementasiiPendidikan Karakter dalam Mengatasi Krisis Moral diiSekolah. Skripsi tidak diterbitkan. Tulungagung: iIAIN Tulungagung.

Branson. 1999. Reorientasi civic disposition dalam kurikulum Pendidikan

Bohalima, I. M. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK SISWA SMAS KAMPUS TELUKDALAM TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2).

Buulolo, L. H. (2022). PENGEMBANGAN MODUL STATISTIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 225–238.

Buulolo, S. (2022). PENGARUH METODE GALLERY WALK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA TERPADU DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 LAHUSA TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 216–224.

Buulolo, S. (2022). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2).

Buulolo, S. (2023). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PADA MATERI BILANGAN BULAT DAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 2(1).

Buulolo, S., & Guru. (2022). PENGARUH METODE GALLERY WALK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA TERPADU DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 LAHUSA TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 257–266.

Bu’ulolo, S. (2023). PERAN GURU PPKn DALAM MENANAMKAN JIWA NASIONALISMEN TERHADAP SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 ONOHAZUMBA KABUPATEN NIAS SELATAN. CIVIC SOCIETY RESEARCH and EDUCATION: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(1), 64–75.

Darwin Gaurifa. (2023). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CURAH PENDAPAT (BRAINSTORMING) PADA MATA PELAJARAN PEDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMA NEGERI 1 TOMA TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023. CIVIC SOCIETY RESEARCH and EDUCATION: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(1).

Daeli, M. (2022). PEMANFAATAN TANAMAN KENCANA UNGU ( RUELLIA TUBEROSA ) SEBAGAI OBAT HERBAL DI DESA EHO. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 193–203.

Finowa’a, S. (2022). TRANSPARANSI PEMERINTAH DESA DALAM MENJALANKAN PROGRAM-PROGRAM DI DESA HILISOROMI KECAMATAN TOMA KABUPATEN NIAS SELATAN. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 239–250.

Gari, A. (2023). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMA SWASTA KAMPUS TELUKDALAM KELAS XI MIA-B. CIVIC SOCIETY RESEARCH and EDUCATION: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(1).

Gaurifa, D. (2022). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN TIME TOKEN PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMA NEGERI 1 TOMA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. CIVIC SOCIETY RESEARCH and EDUCATION: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(2).

Gowasa, S. (2022). PENGEMBANGAN MODUL PERSAMAAN GARIS LURUS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 128–142.

Gulo, E. (2022). PRODUCTIVITY IN NOVEL ALICE’S ADVENTURE IN WONDERLAND. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2).

Hartati, M. (2022). PENGEMBANGAN PENUNTUN PRATIKUM JARINGAN PADA TUMBUHAN BERBASIS. DISCOVERY LEARNING DI SMA NEGERI 1 ARAMO. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 216–224.

Kariana, N., & Gohae, W. (2023). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PROGRAM LINEAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 2(1).

Laia, H. L. (2023). ANALISIS KESALAHAN SISWA BERDASARKAN PROSEDUR POLYA DALAM MATERI PECAHAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 LUAHAGUNDRE MANIAMOLO TAHUN PELAJARAN 2022/2023. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 2(1).

Laia, I. S. (2022). PEMANFATAAN CIPLUKAN (PHYSALIS ANGULATA) SEBAGAI TANAMAN OBAT HIPERTENSI DI DESA MOHILIKECAMATAN AMANDRAYA KABUPATEN NIAS SELATAN. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 119–127.

Lase, A. L. (2023). PENGEMBANGAN MODUL DATA KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 2(1).

Loi, K. (2022). PENGEMBANGAN MODUL PERPANGKATAN DAN BENTUK AKAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 204–215.

Ndruru, D. (2022). PENGEMBANGAN MODUL PELUANG UNTUK MENINGKATKAN. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 108–118.

Ndruru, Y. S. N. (2022). PENGEMBANGAN MODUL MATERI STATISTIKA MELALUI PENDEKATANiKONTEKSTUALiUNTUKiMENINGKATKAN PEMAHAMANiKONSEPiSISWAiKELASiXIIiSMA. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 180–192.

Raya, U. N. (2023). ANALYSIS OF MATHEMATICAL CONNECTION ABILITY IN LINEAR EQUALIES AND INEQUALITY ONE VARIABLE OF CLASS VII STUDENTS OF SMP DOMICILI VILLAGE NANOWA LEARNING YEAR. AFORE: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–10.

Waya, H. S. (2022). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 82–94.

Wehalo, F. (2023). ANALISIS MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN KELAS VIII SM P SWAST A K RI STEN BNK P TELUKDALAM TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 2(1).

Zagoto, H., & Harefa, D. (2023). Analisis Peran Guru Pada Proses Pembelajaran. CIVIC SOCIETY RESEARCH and EDUCATION: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(1), 85–98.

Zebua, E. N. K. (2022). STUDI ETOLOGI SEMUT RANGRANG (OECOPHYLLA SMARAGDINA) PADA KONDISI HABITAT YANG BERBEDA. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 95–107.

Zebua, N. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KEANEKARAGAMAN HAYATI BERBASIS SCIENTIFIC TERINTEGRASI DALAM BLOGSPOT UNTUK SISWA SMA NEGERI 1 TELUKDALAM. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2).

Yusuf. 2014. Metode Penelitian. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Adhitiya Andrebina Agung.

Published
2023-07-31
How to Cite
Sri Astuti Zega. (2023). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENGATASI KRISIS MORAL PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SEKOLAH SMP NEGERI 1 LUAHAGUNDRE MANIAMOLO T.A 2022/2023. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 2(2), 260-270. https://doi.org/10.57094/faguru.v2i2.1211