PENGEMBANGAN MODUL KEKONGRUENAN DAN KESEBANGUNAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA
Abstract
Matematika merupakan salah satu ilmu dasar yang berperan penting untuk perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Namun selama ini justru siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Kenyataanya masih banyak terdapat di sekolah yang mengalami kesulitan dalam menemukan sendiri konsep materi, karena pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan bahan ajar yang tersedia berupa buku cetak yang kurang menarik sehingga siswa tidak termotivasi dalam mempelajari materi yang terdapat pada bahan ajar tersebut. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengembangkan modul kekongruenan dan kesebangunan yang valid, praktis, dan efektif, serta untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika setelah menggunakan Modul Kekongruenan dan kesebangunan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysisi, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar validasi, angket respon siswa, dan tes hasil belajar siswa. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan penelitian dan pembahasan bahwa hasil validasi ahli materi adalah 91,4% dengan kriteria sangat layak, hasil validasi dari validator ahli media adalah 75% dengan kriteria layak, dan hasil validasi dari validator ahli bahasa adalah 91,6% dengan kriteria sangat layak. Hasil uji kepraktisan dari responden uji coba perorangan 99,99 % dengan kriteria sangat menarik dan sangat praktis, hasil responden uji coba kelompok kecil yaitu 99,99 % dengan kriteria sangat menarik dan sangat praktis, dan hasil responden uji coba lapangan yaitu 96,4 % dengan kriteria sangat menarik dan sangat praktis. Hasil keefektifan diperoleh nilai rata-rata 0,71 dengan kategori sangat tinggi. Modul yang dikembangkan dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika pada materi kekongruenan dan kesebangunan.
References
Hidayat, Abdul Salam, Dli, Firmansyah & Hanief, Sofian. 2021. PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ATLETIK NOMOR LARI BERBASIS PERMAINAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Jawa Tengah : CV. Sarnu Untung
Ikmal, Hepi. 2018. PENGEMBANGAN KURIKULUM TEORI & APLIKASI. Lamongan : CV. Pustaka Ilalang
Napitpulu, Darmawan, Abdullah, Dahlan, & Simarmata, Janner. 2019. PROCEEDING OF THE ANNUAL CONFERENCE OF ECONOMICS, BUSINESS AND SOCIAL SCIENCES. Jakarta, Indonesia
Pramesti, Santika Lya Diah, dkk. 2021. MODUL WORKSHOP PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jawa Tengah : PT. Nasyah Expanding Management (penerbit NEM –Anggota IKAPI)
Rahma, Rezka Arina, & dkk. 2021. PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 MELALUI VIRTUAL LEARNING DALAM OPTIMALISASI PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI. Mediun : CV. Bayfa Cendekia Indonesia (Anggota IKAPI No. 272/JTI/2021)
Ruqoyyah, Siti, Murni, Sukma, dan Linda. 2017. KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN RESILIENSI MATEMATIKA DENGAN VBA MICROSOFT EXCEL. Purwarkata : CV. Tre Alea Jacta Pedagogle.
Setiana, H. Anang & Nuraeni, Rina. 2018. RISET KEPERAWATAN. Jawa Barat : Lovrinz Publishing
Sulasmi, Emilda, 2021. BUKU AJAR KEBIJAKAN DAN PERMASALAHAN PENDIDIKAN. Medan : Umsu PRESS
Syafri, Fatrima santri. 2018. PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN ALJABAR ELEMENTER DI PRONGRAM STUDI TADRIS MATEMATIKA IAIN BENGKULU. Bengkulu : CV. Zigie Utama
Wilda, Muhammad Abu, & Sa’adah, Lailatus. 2021. PENTINGNYA MOTIFASI UNTUK MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN. Tambakberaas Jombang : LPPM UNIVERSITAS KH.A. WAHAB HASBULLAH.