PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SMP NEGERI 2 LAHEWA

Dosen Universitas Nias, Indonesia, Dosen Universitas Nias Raya, Indonesia

  • Toroziduhu Waruwu
  • Yan Piter Basman Ziraluo
Keywords: Model; jigsaw; hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran koperatif tipe Jigsaw dalam proses pembelajaran IPA dan Mendeskripsikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw SMP Negeri 2 Lahewa Kabupaten Nias Utara. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMP Negeri 2 Lahewa yang berjumlah 30 Siswa. Penelitian ini diawali dengan kegiatan perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observasion) dan refleksi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi, observasi, dan tes. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi, angket, lembar wawancara dan tes hasil hasil belajar. Hasil penelitian mengungkap bahwa Penerapan model pembelajaran koperatif tipe Jigsaw dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Kualitas pembelajaran pada siklus II dengan kategori sangat baik. Rata-rata hasil belajar siswa 78,26 tergolong baik dan persentase ketuntasan belajar siswa 87 %.

References

Adirasa Hadi Prastyo., D. (2021). Bookchapter Catatan Pembelajaran Dosen di Masa Pandemi Covid-19. Nuta Media.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Ilmiah. In Rineka cipta, Jakarta.
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara..
Dimyati dan Mudjiono. 2016. Belajar dan Pembelajara., Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2010. Metode dan Hasil Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesional Guru. Jakarta: Rajagrafindo.
Lie, Anita. 2008. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.
Pribadi, A dan Benny. 2009. Model Desain Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.
Rohani, Ahmad. 2014. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Renika Cipta.
Sagala, Sayful. 2015. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sibelman, Mel. 2009. Active Learning. Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani.
Sugiono. 2014. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sukardi, H.M. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas Implementasi dan Pengembangannya. Yogyakarta: Bumi Aksara.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Surabaya: Pustaka Pelajar.
Sarumaha, M., Harefa, D., Piter, Y., Ziraluo, B., Fau, A., Telaumbanua, K., Permata, I., Lase, S., & Laia, B. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Artikulasi Terhadap Hasil Belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 08(20), 2045–2052.
Surur, M., D. (2020). Effect Of Education Operational Cost On The Education Quality With The School Productivity As Moderating Variable. Psychology and Education Journal, 57(9), 1196–1205.
Uno, Hamzah B. 2009. Model Pembelajaran Menciptkan Proses Belajar Mengajar Yang Efektif Dan Efesien. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Usman, Uzer Moh. 2016. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Tarsito.
Warsita, Bambang. 2008. Tekhnologi pembelajaran landasan dan aplikasinya. Jakarta: Rineka cipta.
Wiriatmadja, Rochiati. 2009. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Zaini, Haisyam. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani.
Ziraluo, Y. P. B. (2020). PEMBELAJARAN BIOLOGI: Implementasi dan Pengembangan.
Ziraluo, Y. P. B. (2020a). Tanaman Obat Keluarga Dalam Perspektif Masyarakat Transisi (Studi Etnografis pada Masyarakat Desa Bawodobara). Jurnal Inovasi Penelitian, 1(2), 99–106.
Ziraluo, Y. P. B. (2020b). Tanaman Obat Keluarga Dalam Perspektif Masyarakat Transisi (Studi Etnografis pada Masyarakat Desa Bawodobara). Jurnal Inovasi Penelitian, 1(2), 99–106.
Ziraluo, Y. P. B. D. M. (2020). Diversity Study Of Fruit Producer Plant In Nias Islands. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(4), 183–194.
Published
2023-01-19
How to Cite
Waruwu, T., & Ziraluo, Y. P. B. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SMP NEGERI 2 LAHEWA. TUNAS : Jurnal Pendidikan Biologi, 3(2), 50-58. https://doi.org/10.57094/tunas.v3i2.557