EVALUASI KURIKULUM 2013 DI ERA WABAH COVID-19 DI KABUPATEN NIAS SELATAN TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021
Dosen FKIP Universitas Nias Raya, Dosen FKIP Universitas Nias Raya, Guru IPA di SD Harapan Nias, Nias Selatan
Abstract
Pembelajaran saat ini dilakukan melalui jaringan atau daring akibat wabah Covid-19, sehingga pembelajaran tidak dapat dilakukan secara langsung atau tatap muka di sekolah seperti biasa. Pembelajaran daring di era wabah Covid-19 tentunya berbeda dengan pembelajaran tatap muka, khususnya dari segi implementasi kurikulum 2013 yang diterapkan saat ini. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi kurikulum 2013 dan pengawasan implementasi kurikulum 2013 yang dilakukan pengawas tingkat SMP di era wabah Covid-19 di kabupaten Nias Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan penelitian kombinasi (Mix Methods). Penelitian ini dilaksanakan di kantor Satuan Pendidikan Nias Selatan dengan informan para pengawas sekolah tingkat SMP yang berjumlah 10 orang. Adapun intrumen yang digunakan berupa angket. Teknik analisis yang dilakukan dengan tiga tahap yaitu penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Dari hasil penelitian implementasi kurikulum 2013 di era wabah Covid-19 masih tergolong kurang. Kekurangan ini terlihat jelas pada proses pembelajaran yang tidak dilakukan di lingkungan persekolahan serta sarana prasarana yang tidak memadai selama proses pembelajaran. Pengawasan pelaksanaan kurikulum 2013 tetap dilakukan para pengawas tingkat SMP sesuai dengan regulasi yang ada. Saran yang dapat diberikan peneliti, kiranya satuan pendidikan telah menyiapakan berbagai pilihan dalam melaksanakan proses pembelajaran dalam menghadapi kondisi yang tidak diiginkan guna tercapainya kurikulum yang telah diberlakukan.
References
Arifin, Zainal. 2019. Evaluasi Program. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Dakir, H. 2004. Perencanaan dan pengembangan kurikulum. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hidayat, S. 2013. Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Laia, B., Telaumbanua, E. P., Tafonao, Y., Gulo, T., & Hulus, F. A. (2022). Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19. CV Jejak (Jejak Publisher).
Laia, B., Lase, Y. S., Moho, S. M., Hulu, Y., & Laia, Y. (2022). Motivasi Anak Desa: The True Story of Life. CV Jejak (Jejak Publisher).
Moleong, Lexy. 2015. Metodelogi penelitian Kualitatifedisi revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nasution, S. 2019. Kurikulum Dan Pengajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara
Purwanto. 2017. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka belajar.
Prijambodo. 2014. Monitoring Dan Evaluasi, Bogor IPB Press.
Sugiyono. 2015. Metode penelitian kombinasi (mix.methosd). Bandung: Alfabeta.
_______, 2016. Metode penelitian kualitatif, kualitatif dan R&D. Banung PT Alfabel.
_______, 2012. Memahami Pene;litian kualitatif. Bandung : Alfabeta.
_______, 2018. Metode Penelitian Kombinasi (mixed methos). Bandung: CV Alfabeta.
_______, 2009.metode Penelitian Kualitatif. Kualitatif Dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.
Sukardi. 2011. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Triton. 2011. Pedoman Penulisan Ilmiah Skripsi dan Tesis. Jakarta Selatan: Oryza
Sumber Dari Dokumen
Permendikbud Nomor 35 Tahun 2018, Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 Tahun 2003, tentang sistem pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan dan kebudayaan.
Sumber Dari Artikel Atau Jurnal
Aji, R. H. S. 2020. Sosial dan budaya Syar-i. Dampak Covid-19 pada pendidikan di indonesia.Forum Penelitian, hlm 397-398.
Dwi, dkk.2020. Analisis Keefektififan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, hlm 29.
Hamdi, M. M. 2020. Evaluasi kurikulum pendidikan. Manajamen pendidikan Islam.jurnal, hlm 66.
Jonatan dan Irawati. 2020. Evaluasi Kualitas Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Rekayasa Sistem Industri, hlm 135.
Laia, B. (2018). Kontribusi Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Stkip Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 6(1), 70-70.
Laia, B., & Zai, E. P. (2020). Motivasi Dan Budaya Berbahasa Inggris Masyarakat Daerah Tujuan Wisata Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Tingkat Slta (Studi Kasus: Desa Lagundri-Desa Sorake-Desa Bawomataluo). Jurnal Education and Development, 8(4), 602-602.
Laia, B. (2022). SOSIALISASI DAMPAK KEGIATAN KULIAH KERJA NYATA DI DESA (STUDI: DESA SIROFI). Haga: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 74-84.
Laiya, R. E. (2019). T-Shirt as the Media of Learning the Nias Culture (Study of Gamagama Nias T-Shirt). Journal of Physics: Conference Series, 1179(1), 012067.
M., S., S. (2019). Technology of Traditional Houses in the New Era in the Education Paradigm. Journal of Physics: Conference Series.
M., S., S. (2020). Afore, The Measuring Instrument in South Nias Culture. Journal of Physics: Conference Series, 1477(2020), 042001.
M., S., S. (2021). The Role of the Teacher to Construct Teaching and Learning Activities Creating a Freedom to Learn (Action Research Study). Journal of Physics: Conference Series, 1764(2021), 012098.
R.E., L. (2020). Application of Critical Thinking on the Social Media (Case Study Comments and Statuses on Facebook about Miss Tourism Competition on West Nias). Journal of Physics: Conference Series, 1477(4), 042002.
Yudiawan, Agus. 2020. Belajar Bersama Covid 19. Jurnal pendidikan islam, hlm 10
Sumber Dari Hasil Wawancara
Lase, Amos. 2021. Tentang Pelakssanaan Kurikulum Diera Wabah Covid-19. (wawancara pada tanggal 10 Februari 2021).
Zagoto, Lestari. 2021. Tentang pelaksanaan kurikulum 13 diera wabah Covid-19 (wawancara pada Tanggal 9 Februari 2021).
Artikel Dalam Majalah
Diah, Handayani, dkk. 2020. Penyakit virus Corona: Jurnal Respirologi Indonesia, hlm 119.
a