PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASILBELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 ONOLALU PEMBELAJARAN 2022/2023

Universitas Nias Raya

  • Adam Smith Bago
  • Murnihati Sarumaha
Keywords: Model pembelajaran; inkuiri terbimbing; hasil belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar siswa rendah. Hasil belajar yang tidak memenuhi KKN mencerminkan pelaksanaan pembelajaran. Guru belum menerapkan Inkuiri terbimbing pada proses pembelajaran di kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran Inkuiri terbimbing  terhadap hasil  belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPA Biologi di kelas VIII SMP. Metode penelitian ini menggunakan metode quasi experimen dan jenis penelitian adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh kelas VIII SMP yang berjumlah 40 orang. Sampel penelitian adalah kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 23 orang dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol berjumlah 17 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar yaitu tes awal dan tes akhir. Berdasarkan pengolahan data  yang telah dilakukan maka nilai rata-rata tes awal pada kelas eksperimen diperoleh sebesar 28.91 sedangkan kelas kontrol sebesar 29.12. Nilai rata-rata tes akhir pada kelas eksperimen di peroleh sebesar 63.91 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 62.06.  berdasarkan pengujian hipotesis secara statistik, harga t dengan signifikan 0.05 diperoleh thitung = 1.713 dan ttabel = 1.684 sehingga thitung> ttabel yaitu 1.713 > 1.684, maka Ha diterima dan Ho ditolak dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pendekatan pembelajaran Inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VIII SMP khususnya pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Saran yang ditawarkan yaitu (1) Hendaknya dijadikan model pembelajaran Inkuiri terbimbing sebagai alternatif dalam pembelajaran khusus pada mata pelajaran IPA Biologi; (2) Hendaknya penelitian ini menjadi bahan pertimbangan bagi guru dalam kegiatan pembelajaran; (3) hendaknya hasil penelitian ini menjadi  bahan referensi kepada penelitian lanjutan yang relevan dengan penelitian ini.

References

Harmianto, Sri, dkk. 2014. Model-model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Purwokerto: Alfabeta,cv.
Helmiati. 2012. Model Pembelajaran. Pekanbaru. Aswaja Pressindo.
Laia, B., Telaumbanua, E. P., Tafonao, Y., Gulo, T., & Hulus, F. A. (2022). Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19. CV Jejak (Jejak Publisher).
Laia, B., Lase, Y. S., Moho, S. M., Hulu, Y., & Laia, Y. (2022). Motivasi Anak Desa: The True Story of Life. CV Jejak (Jejak Publisher).
Mudjono dan Dimyati. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Ngalimun. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Aswaja Presindo.
Purwanto, Ngalim. 2011. Prinsip-prinsip dan Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses pendidikan. Bandung: Kencana.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
_______. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperatif Learning Teori & Aplikasi Paikem. Surabaya: Pustaka Belajar.
Sutikno, Fathurrohman dan Pupuh. 2007. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islam. Bandung: PT. Refika Aditama.
Trianto, dkk. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Konsep, Landasan dan implementasinya pda kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Surabaya: Kencana Perdana Media Group.

Sumber dari Artikel dan Karya Tulis Ilmiah
Bu'ulolo, S., Zagoto, S. F. L., & Laia, B. (2022). PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENCEGAH BULLYING DI SMA NEGERI 1 AMANDRAYA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 2(1), 53-62.
Harefa, D., Fau, S. H., Sarumaha, M., Tafonao, A., Waruwu, Y., Ndraha, L. D. M., ... & Laia, A. (2022). SOSIALISASI PENGENALANKEHIDUPAN KAMPUS BAGI MAHASISWA BARU (PPKMB) YAYASAN PENDIDIKAN NIAS SELATAN TAHUN 2021. KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 21-27.
Harita, A., Laia, B., & Zagoto, S. F. L. (2022). Peranan Guru Bimbingan Konseling dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa SMP Negeri 3 Onolalu Tahun Pelajaran 2021/2022. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 2(1), 40-52.
Kasemu, Nurrohmah. 2016. Penerapan Inkuiri terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar biologi Konsep Saling Ketergantungan dalam Ekosistem. e_Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.
Laia, B. (2019). Social Injustice In Stella Knightley’s Novel Girl Behind The Mask. Jurnal Education and Development, 7(4), 315-315.
Laia, B. (2019). Improving the Students’ Ability in Speaking by Using Debate Technique at the Tenth Grade of SMK Negeri 1 Aramo. Scope: Journal of English Language Teaching, 4(1), 1-9.
Laia, B. (2018). Kontribusi Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Stkip Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 6(1), 70-70.
Laia, B., & Zai, E. P. (2020). Motivasi Dan Budaya Berbahasa Inggris Masyarakat Daerah Tujuan Wisata Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Tingkat Slta (Studi Kasus: Desa Lagundri-Desa Sorake-Desa Bawomataluo). Jurnal Education and Development, 8(4), 602-602.
Laia, B., & Daeli, B. (2022). Hubungan Kematangan Emosional dengan Penyesuaian Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Faomasi Kecamatan Lahomi Kabupaten Nias Barat. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 2(2), 12-24.
Laia, B. (2022). SOSIALISASI DAMPAK KEGIATAN KULIAH KERJA NYATA DI DESA (STUDI: DESA SIROFI). Haga: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 74-84.
Laia, B., Sarumaha, M., Zalukhu, M. C., Ndruru, M., Telaumbanua, T., Ndraha, L. D. M., & Harefa, D. (2021). PENDEKATAN KONSELING BEHAVIORAL TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL SISWA. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 159-168.
Laia, Y., Sarumaha, M. S., & Laia, B. (2022). BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 3 SUSUA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 2(1), 1-12.
Sarumaha, M., Laia, B., Harefa, D., Ndraha, L. D. M., Lase, I. P. S., Telaumbanua, T., ... & Novialdi, A. (2022). Bokashi Sus Scrofa Fertilizer on Sweet Corn Plant Growth. Haga: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 32-50.
Published
2023-01-18
How to Cite
Bago, A. S., & Sarumaha, M. (2023). PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASILBELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 ONOLALU PEMBELAJARAN 2022/2023. TUNAS : Jurnal Pendidikan Biologi, 3(2), 19-27. https://doi.org/10.57094/tunas.v3i2.546