ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 1 AMANDRAYA

  • Nitehekhoda Buulolo Guru SMP Negeri 2 Amandraya
  • Ujian hati Zega
  • Amaano Fau
Keywords: Implementasi; kurikulum 2013; covid 19

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan kualitas sumber daya manusia yang pada umumnya wajib dilaksanakan oleh setiap negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Biologi Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Negeri 1 Amandraya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang bersifat deskriptif untuk mendeskripsikan dan menganalisis suatu objek atau permasalahan yang ada. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui wawancara langsung baik dengan guru maupun dengan siswa. Analisis data yang digunakan berupa pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Analisis Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Biologi Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Negeri 1 Amandraya bahwa proses pembelajaran berjalan dengan baik namun belum optimal. Hal tersebut dikeranakan ada beberapa faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran dari rumah pada matapelajaran biologi ialah jaringan internet ketidak hadiran siswa saat pembelajaran daring, kondisi ekonomi siswa dalam membeli paket internet, dan kepemilikkan gadget ataupun laptop. Yang menjadi kesumpulan dalam penelitian ini adalah Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Biologi Pada Masa Pandemi covid 19 di SMA Negeri 1 Amandraya, bahwa penerapan atau implementasi kurikulum 2013 terlaksana dengan baik namun belum optimal. Adapun yang menjadi saran dalam penelitian ini adalah (1) Untuk guru: agar proses pembelajaran kedepannya lebih baik lagi, (2) Untuk siswa: agar meningkatkan minat belajar dalam mengikuti proses pembelajaran baik luring maupun daring, (3) Untuk kepala sekolah: agar tetap memonitoring kegiatan belajar mengajar baik luring maupun daring, (4) Untuk Dinas Pendidikan: agar penelitian ini menjadi bahan pertimbangan maupun evaluasi dalam pelaksanaan proses pembelajaran baik luring maupun daring.

References

Basrowi dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta.: PT Rineka Cipta.
Dahlan dan Muhtarom. 2018. Menjadi Guru yang Bening Hati.(Strategi Mengelola Hati di Abad Modern) Yogyakarta.CV BUDI UTAMA.
Munandar, Arif. 2018. Pengantar Kurikulum.Yogyakarta.CV BUDI UTAMA.
Yunus, Hamzah, dan Alam, Vanni, Heldy. 2018. Rencana Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013.Yogyakarta. CV BUDI UTAMA.
Kurniawan, Haris, dan SusantiEva. 2021. Pembelajaran Matematika dengan STEM. Yogyakarta.CV BUDI UTAMA.
Lismina. 2018. Pengembangan Kurikulum di Sekolah dan Perguruan Tinggi. Yogyakarta.CV BUDI UTAMA
Mardawani. 2020. Praktis Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA
Darma, Ade Regina. 2021. Telaah Kurikulum. Guapedia.
Musfiqon. 2016. Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Kurikulum 2013.Yogyakarta: ISBN.
Sarinah. 2015. Pengantar Kurikulum. Yogyakarta. CV BUDI UTAMA.
Suardi Moh. 2018. Belajar dan Pembelajaran.Yogyakarta.CV BUDI UTAMA.
Sugi. 2019. Katalog dalam Terbitan (KDT) Perpustakaan Nasional Republic Indonesia Menyusun RPP Kurikulum 2013. Semarang, Jawa tengah. CV. Pilar Nusantara.
Wijaya, Hengki. Umrati. 2020. Analisis Data Kualaitatif Teori Kondep dalam Penelitian Pendidikan. Makasar.CV BUDI UTAMA.

Sumber dari internet
Kurniyati, E dan Siswati. 2020. Kurikulum 2013 dalam Proses Pembelajaran Online pada Masa Pandemi Covid-19.Tadarus Tarbawy, (online). Vol. 2, No. 2(http://jurnal.umt.ac.id) di akses 08 Maret 2021.
Laia, B. (2018). Kontribusi Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Stkip Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 6(1), 70-70.
Laia, B., & Zai, E. P. (2020). Motivasi Dan Budaya Berbahasa Inggris Masyarakat Daerah Tujuan Wisata Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Tingkat Slta (Studi Kasus: Desa Lagundri-Desa Sorake-Desa Bawomataluo). Jurnal Education and Development, 8(4), 602-602
Nursamsu, Sofiyan. Sitompul, Ananda Luther. 2012. Analisis Penggunaan Perangkat Pembelajaran Guru Biologi Di SMA Negeri 1 Kota Langsa Pada Masa Pandemi Covid-19.Jurnal Jeumpa, (online). Vol. 8, No. 2. Juli-Desember 2021.(https://ejurnallunsam.id) di akses 11 Maret 2021.
Silfana. Yusmina Hala dan Azis Asmawati Andi.2017. Analisis Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Biologi di SMA Negeri Kota Sengkang. Prodi Pendidikan Biologi, PPs, Universitas Negeri Makassar.Jurnal Pendidkan, (online). Vol. 6, No. 2. September 2021.(http://eprints.unm.ac.id) di akses 14 Maret 2021.

Sumber dari Dokumen
Undang-Undang Republik Indonesia. 1989. UU tahun 1989 Pasal 37 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (online)(https://luk.staff.ugm.ac.id) di akses 20 Februari 2021.
Published
2022-12-24
How to Cite
Buulolo, N., Zega, U. hati, & Fau, A. (2022). ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 1 AMANDRAYA. TUNAS : Jurnal Pendidikan Biologi, 2(2), 24-37. https://doi.org/10.57094/tunas.v2i2.484