ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA KELAS X SMA NEGERI 1 GOMO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Pada Kelas X SMA Negeri 1 Gomo Tahun Pembelajaran 2022/2023. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang mendiskripsikan data-data yang ada, menganalisis dan menginterpretasikan. Adapun hasil penelitian yang peneliti dapatkan pada saat melakasanakan kegiatan penelitian adalah sebagai berikut: kelengkapan fasilitas sekolah masih belum lengkap terkait dengan mata pelajaran biologi dan sebagian besar siswa merasa sulit mempelajari bahasa ilmiah sehingga hal tersebut dapat membuat siswa masih memperoleh nilai di bahwa KKM. Adapun yang menjadi kesimpulan dalam penelitian ini bahwa: Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah di bahas pada bab sebelumnya, bahwa yang menjadi kesimpulan dalam penelitian ini adalah siswa mengalami beberapa kesulitan dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar didalam kelas khususnya pada mata pelajaran Biologi, seperti ruangan laboratorium tidak tersedia, mikroskop, proyektor dan beberapa fasiilitas lainnya yang menunjang kegiatan pembelajaran tersebut. Penyebab siswa merasa sulit mempelajari bahasa ilmiah yaitu siswa kurang berminat untuk belajar serta buku atau bahan ajar yang di gunakan hanya terfokus pada satu buku saja yaitu buku terbitan kurikulum 2013, sehingga keterlibatan siswa dalam mengikuti pembelajaran tidak sepenuhnya mampu untuk mengikutinya dengan baik. Berdasarkan hasil penelaitian tersebut, maka saran dalam penelitian ini adalah perlunya kepala sekolah dan dinas terkait untuk memenuhi kelengkapan sarana dan prasarana sekolah untuk mendukung berlangsungnya kegiatan pembelajaran dengan baik.
References
Ahmadi, A dan Supriono. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Ahmadi. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Astuti Nirmalani Mendrofa, Gea, N., & Gea, K. (2023). Pengaruh Pupuk Organik Ampas Kelapa Terhadap Pertumbuhan Tanaman Tomat (Lycopersicum Esculentum Mill). JURNAL SAPTA AGRICA , 2(1), 36 - 49. https://doi.org/10.57094/jsa.v2i1.916
Bago, A. S., & Hulu, V. P. (2022). Struktur Dan Komposisi Hutan Bekas Perladangan Di Desa Hilifalago Kecamatan Onolalu Kabupaten Nias Selatan. JURNAL SAPTA AGRICA , 1(2), 18-31. https://doi.org/10.57094/agrotek.v1i2.391
Bali, F. D., Ziraluo, Y. B., & Fau, A. (2022). Pengaruh Pupuk Hijau Terhadap Pertumbuhan Kacang Panjang (Vignasinensisl.). TUNAS : Jurnal Pendidikan Biologi, 2(2), 47-56. Retrieved from https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Tunas/article/view/486
Basrowi dan Suwandi. 2008 Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Rineka cipta.
Bu’ulolo, E. M., Sarumaha, M., & Bago, A. S. (2022). Pengaruh Penggunaan Limbah Padat Tahu Terhadap Pertumbuhan Tanaman Bawang Merah (Allium cepa L). TUNAS : Jurnal Pendidikan Biologi, 2(2), 57-65. Retrieved from https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Tunas/article/view/487
Bu’ulolo, S. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI KING DOMPLANTAE BERBASIS CANVA UNTUK SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SUSUA. TUNAS : Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1), 55-69. https://doi.org/10.57094/tunas.v5i1.1808
Buulolo, N., Zega, U. hati, & Fau, A. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Biologi Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sma Negeri 1 Amandraya. TUNAS : Jurnal Pendidikan Biologi, 2(2), 24-37. Retrieved from https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Tunas/article/view/484
Buulolo, T., Fau, A., & Fau, Y. T. V. (2022). Pengaruh Penggunaan Limbah Cair Ampas Tahu Terhadap Pertumbuhan Tanaman Terung Ungu (Solanum Melongena L.) . TUNAS : Jurnal Pendidikan Biologi, 3(1), 1-13. Retrieved from https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Tunas/article/view/476
Dalyono. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Darmawan Harefa, Murnihati Sarumaha, Kaminudin Telaumbanua, Tatema Telaumbanua, Baziduhu Laia, F. H. (2023). Relationship Student Learning Interest To The Learning Outcomes Of Natural Sciences. International Journal of Educational Research and Social Sciences (IJERSC), 4(2), 240–246. https://doi.org/https://doi.org/10.51601/ijersc.v4i2.614
Darmawan Harefa. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Talking Chips Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. TUNAS : Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1), 83 - 99. Retrieved from https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Tunas/article/view/1011
Daryanto. (2010). Belajar Dan Mengajar. Bandung: Yrama Widya
Dimayanti dan Mudjiono (2013). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djaali, (2013). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, Syaiful Bahri. (2011). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Duha, A; Harefa, D. (2024). Pemahaman Kemampuan Koneksi Matematika Siswa SMP. CV Jejak (Jejak Publisher)
Duha, R; Harefa, D. (2024). Kemampuan Pemecahan Masalah matematika. CV Jejak (Jejak Publisher)
Evi Susilawati; dkk. (2023). Model-model pembelajaran di era metaverse. Nuta Media
Evi Susilawati; dkk. (2023). Project based learning dalam pembelajaran digital. Nuta Media
Fadhallah. 2021. Wawancara. Jakarta. Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPi).
Fatimah. (2014). Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang tua Terhadap Motivasi belajar Anak”, vol. 2, no 1.
Fau, A., Dkk. (2022). Budidaya Bibit Tanaman Rosela (Hibiscus Sabdariffa) Dengan Menggunakan Pupuk Organik Gebagro 77. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(2), 10–18. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Tunas/article/view/545
Fau, A., Dkk. (2022). Kumpulan Berbagai Karya Ilmiah & Metode Penelitian Terbaik Dosen Di Perguruan Tinggi. CV. Mitra Cendekia Media.
Fau, Amaano., Dkk. (2022). Teori Belajar dan Pembelajaran. CV. Mitra Cendekia Media.
Ferniwati Amazihono, & Murnihati Sarumaha. (2024). ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN BIOLOGI KELAS X DI SMK SWASTA AMAL MAS 1 LAHUSA JURUSAN ASISTEN KEPERAWATAN. TUNAS : Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1), 30-40. https://doi.org/10.57094/tunas.v5i1.1804
Gaurifa, M., & Darmawan Harefa. (2023). DEVELOPMENT OF A CARTESIAN COORDINATE MODULE TO THE INFLUENCE OF IMPLEMENTING THE ROUND CLUB LEARNING MODEL ON MATHEMATICS STUDENT LEARNING OUTCOMES. Afore : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 45-55. https://doi.org/10.57094/afore.v2i2.1130
Gea, K. (2022). Pemanfaatan Biochar Sekam Dan Jerami Padi Untuk Meningkatkan Hasil Padi Gogo (Oryza Sativa L.) Pada Medium Ultisol. JURNAL SAPTA AGRICA , 1(1), 45-59. https://doi.org/10.57094/agrotek.v1i1.386
Gea, K., & Gea, N. (2022). Sekuensi Sifat Morfologi Pada Fisiografi Aluvial Bantaran Sungai Batang Hari Jambi. JURNAL SAPTA AGRICA , 1(2), 32-44. https://doi.org/10.57094/agrotek.v1i2.397
Gea, N. (2022). Introduksi Gen Hd3a Dengan Promotor 35s Camv Pada Tanaman Kentang (Solanum Tuberosum L.) Kultivar Ipb Cp (Chip Potato) 1 Melalui Agrobacterium tumefaciens. JURNAL SAPTA AGRICA , 1(1), 34-44. https://doi.org/10.57094/agrotek.v1i1.385
Giawa, M. K. W., Zega, U., & Fau, A. (2022). Pengaruh Larutan Ajinomoto (Monosodium Glutamat ) Terhadap Pertumbuhan Tanaman Seledri (Apium Graveolus L.). TUNAS : Jurnal Pendidikan Biologi, 3(1), 37-45. Retrieved from https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Tunas/article/view/479
Halawa, M., Fau , A., & Sarumaha, M. (2022). Pengaruh Penggunaan Kulit Pisang Kepok (Musa Parasidiaca) Sebagai Pupuk Organik Cair Terhadap Pertumbuhan Tanaman Sawi Hijau (Brassica juncea L.). TUNAS : Jurnal Pendidikan Biologi, 3(1), 58-66. Retrieved from https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Tunas/article/view/481
Halawa, S., & Darmawan Harefa. (2024). THE INFLUENCE OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BASED DISCOVERY LEARNING MODELS ON ABILITIES STUDENTS’ MATHEMATICAL PROBLEM SOLVING. Afore : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 11-25. https://doi.org/10.57094/afore.v3i1.1711
Harefa, D. (2022). Edukasi Pembuatan Bookcapther Pengalaman Observasi Di Smp Negeri 2 Toma. HAGA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 69-73. Retrieved from https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/HAGA/article/view/324
Harefa, D. (2022). Student Difficulties In Learning Mathematics. Afore : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 1-10. https://doi.org/10.57094/afore.v1i2.431
Harefa, D. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Talking Chips Untuk. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1).
Harefa, D. (2023). The Relationship Between Students’ Interest In Learning And Mathematics Learning Outcomes. Afore : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 1-11. https://doi.org/10.57094/afore.v2i2.1054
Harefa, D., D. (2022). Kewirausahaan. CV. Mitra Cendekia Media.
Harefa, D., Dkk. (2022). Aplikasi Pembelajaran Matematika. CV. Mitra Cendekia Media
Harefa, D., Dkk. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 325–332. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.1.325-332.2022
Harefa, D., Dkk. (2023). Teori Fisika. CV Jejak (Jejak Publisher)
Harefa, D., Dkk. (2023). Teori Fisika. CV Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/teori-fisika-A1UFL.html
Harefa, D., Dkk. (2023). Teori perencanaan pembelajaran. CV Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/teori-perencanaan-pembelajaran-GO5ZY.html
Harefa, D., Dkk. (2023). Teori Statistik Dasar. CV Jejak (Jejak Publisher)
Harefa, D., Laia, B., Laia, F., & Tafonao, A. (2023). Socialization Of Administrative Services In The Research And Community Service Institution At Nias Raya University. HAGA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 93-99. https://doi.org/10.57094/haga.v2i1.928
Harefa, D., Murnihati Sarumaha, Amaano Fau, Kaminudin Telaumbanua, Fatolosa Hulu, Baziduhu Laia, Anita Zagoto, & Agustin Sukses Dakhi. (2023). Inventarisasi Tumbuhan Herbal Yang Di Gunakan Sebagai Tanaman Obat Keluarga. HAGA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 11-21. https://doi.org/10.57094/haga.v2i2.1251
Harefa, S. K., Zega, U., & Bago, A. S. (2022). PEMANFAATAN DAUN BANDOTAN (Ageratum Conyzoides L.) SEBAGAI OBAT TRADISIONAL DI DESA BAWOZA’UA KECAMATAN TELUKDALAM KABUPATEN NIAS SELATAN. TUNAS : Jurnal Pendidikan Biologi, 3(1), 14-24. Retrieved from https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Tunas/article/view/477
Hulu, L. C., Fau, A., & Sarumaha, M. (2022). Pemanfaatan Daun Sirih Hijau (Piper Betle L) Sebagai Obat Tradisional Di Kecamatan Lahusa. TUNAS : Jurnal Pendidikan Biologi, 3(1), 46-57. Retrieved from https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Tunas/article/view/480
Iyam Maryati, Yenny Suzana, Darmawan Harefa, I. T. M. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Materi Aljabar Linier. PRISMA, 11(1), 210–220.
Jamaris, M. 2014. Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya Bagi Anak Usia Dini dan Usia Sekolah. Bogor: Ghalia Indonesia
Jelita., Dkk. (2022). Bunga rampai konsep dasar IPA. Nuta Media
Laia, N. M., Zega, U., & Fau, Y. T. V. (2022). Persepsi Masyarakat Desa Sisarahili Susua Terhadap Bahaya Rokok Bagi Kesehatan. TUNAS : Jurnal Pendidikan Biologi, 2(2), 11-23. Retrieved from https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Tunas/article/view/483
Laia, P. M. (2024). PENGEMBANGAN MODUL EKOSISTEM BERBASIS GUIDED DISCOVERY LEARNING SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 AMANDRAYA. TUNAS : Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1), 16-29. https://doi.org/10.57094/tunas.v5i1.1517
Linda Darniati Zebua (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen Di Toko Imelda Ponsel Telukdalam. Vol 5 No 1 (2022): Jurnal Ilmiah Mahasiswa Nias Selatan
Mardawani. 2020. Praktis Penelitian kualitatif. Jakarta : CV BUDI UTAMA
Martini Jumaris, (2014). Kesulitan Belajar Prespektif, Asesmen, dan Penanggulangannya. Bogor : Ghalia Indonesia.
Maulana, (2020). Strategi pembelajaran berbasis kompetensi . Jakarta: Gaung Persada Press.
Mercy Hatimbarasi Duha. (2024). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BIOLOGI BERBASIS ONLINE UNTUK MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI SMA NEGERI 1 TELUK DALAM. TUNAS : Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1), 85-97. https://doi.org/10.57094/tunas.v5i1.1815
Molli Wahyuni; dkk. (2023). Statistik multivariat. Nuta Media
Mulyasa. 2006. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Rosda Karya.
Ndruru, Y. M., Ziraluo, Y. P. B., & Fau, A. (2022). Pengaruh Limbah Kulit Bawang Merah Terhadap Pertumbuham Tanaman Kacang Panjang (Vigna sinensis L.). TUNAS : Jurnal Pendidikan Biologi, 3(1), 25-36. Retrieved from https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Tunas/article/view/478
Ndruru, Y. M., Ziraluo, Y. P. B., & Fau, A. (2022). Pengaruh Limbah Kulit Bawang Merah Terhadap Pertumbuham Tanaman Kacang Panjang (Vigna sinensis L.). TUNAS : Jurnal Pendidikan Biologi, 3(1), 25-36. Retrieved from https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Tunas/article/view/478
Nur. (2014). Gaya Belajar. Yogyakarta: Pustka Pelajar.
Nurhani Gowasa (2022). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Di Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Telukdalamvol 5 No 1 (2022): Jurnal Ilmiah Mahasiswa Nias Selatan
Putri Handayani Giawa. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS XI-IPA DI SMA NEGERI 1 ULUSUSUA . TUNAS : Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1), 70-84. https://doi.org/10.57094/tunas.v5i1.1811
Rita Sari., Dkk. (2022). Metode penelitian SD/MI. Nuta Media
Rusman (2010). Materi Penilaian pencapaian hasil belajar. Jakarta: Karunika Jakarta Universitas Terbuka.
Sarumaha, M, S., Dkk. (2023). Model-model pembelajaran. CV Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/modelmodel-pembelajaran-0BM3W.html
Sarumaha, M,S., Dkk. (2023). Pendidikan karakter di era digital. CV. Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/pendidikan-karakter-di-era-digital-X4HB2.html
Sarumaha, M., & Harefa, D. (2022). Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Ipa Terpadu Siswa. NDRUMI: Jurnal Pendidikan Dan Humaniora, 5(1), 27–36. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/NDRUMI
Sarumaha, M., Dkk. (2022). Catatan Berbagai Metode & Pengalaman Mengajar Dosen di Perguruan Tinggi. Lutfi Gilang. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=8WkwxCwAAAAJ&authuser=1&citation_for_view=8WkwxCwAAAAJ:-f6ydRqryjwC
Sarumaha, M., Harefa, D., Piter, Y., Ziraluo, B., Fau, A., Telaumbanua, K., Permata, I., Lase, S., & Laia, B. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Artikulasi Terhadap Hasil Belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 08(20), 2045–2052.
Sarumaha, M., Laia, B., Harefa, D., Ndraha, L. D. M., Lase , I. P. S., Telaumbanua, T., Hulu, F., Laia, B., Telaumbanua, K., Fau, A., & Novialdi, A. (2022). Bokashi Sus Scrofa Fertilizer On Sweet Corn Plant Growth. HAGA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 32-50. https://doi.org/10.57094/haga.v1i1.494
Silvia Sri Intan Wau. (2024). MENGANALISIS PERKEMBANGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK PADA METODE RESITASI DI SMA NEGERI 1 LUAHAGUNDRE MANIAMOLO. TUNAS : Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1), 98-114. https://doi.org/10.57094/tunas.v5i1.1819
Simanulang, N.R., Dkk. (2022). Kumpulan aplikasi materi pembelajaran terbaik sekolah menengah atas. CV. Mitra Cendekia Media
Slameto. (2013). Belajar dan FactorFaktor yang Mempengaruhinya, penerbit Rineka Cipta, Jakarta.
Sri Firmiaty., Dkk. (2023). Pengembangan peternakan di Indonesia. Nuta Media
Telaumbanua, S. M. (2022). Pengaruh Konsentrasi Air Kelapa Dan Dosis Arang Aktif Terhadap Pertumbuhan Planlet Anggrek Dendrobium Sp Dengan Media Vw Secara In Vitro. JURNAL SAPTA AGRICA , 1(1), 26-33. https://doi.org/10.57094/agrotek.v1i1.384
Toni Hidayat, Amaano Fau, & Darmawan Harefa. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Terpadu. TUNAS : Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1), 61 - 72. Retrieved from https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Tunas/article/view/885
Tonius Gulo, D. H. (2023). Identifikasi Serangga ( Insekta ) yang merugikan Pada Tanaman Cabai Rawit di Desa Sisarahili Ekholo Kecamatan Lolowau Kabupaten Nias Sealatan. Jurnal Sapta Agrica, 2(1), 50–61.
Umi Narsih, Dkk. (2023). Bunga rampai “Kimia Analisis farmasi.” Nuha Medika. https://www.numed.id/produk/bunga-rampai-kimia-analisis-farmasi-penulis-umi-narsih-faidliyah-nilna-minah-dwi-ana-anggorowati-rini-kartika-dewi-darmawan-harefa-jelita-wetri-febrina-a-tenriugi-daeng/
Versi Putra Jaya Hulu. (2022). Pengaruh Pemberian Inokulan Fungi Mikoriza Arbuskula Dan Pemupukan Fosfor Terhadap Pertumbuhan Bibit Karet (Hevea Brasiliensis Muell. ARG. JURNAL SAPTA AGRICA , 1(1), 1-11. https://doi.org/10.57094/agrotek.v1i1.372
Wau, Christiana Surya W. 2022. students’ Difficulties In Writing Definition Paragraph At The Third Semester Students Of English Language Education Study Program Of STKIP Nias Selatan. FAGURU : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan Universitas Nias Raya (UNIRAYA), 1 (1), 1-9
Wau, H. A., Harefa, D., & Sarumaha, R. (2022). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Pada Materi Barisan Dan Deret Siswa Kelas Xi Smk Negeri 1 Toma Tahun Pembelajaran 2020/2021. Afore : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 41-49. https://doi.org/10.57094/afore.v1i1.435
Wau, H., Ziraluo, Y. P. B., & Sarumaha, M. (2022). Ekstraksi Daun Pepaya, Daun Mengkudu Dan Serai Wangi (Studi Eksploratif Etnobotani Pestisida Alamipada Tanaman Bayam). TUNAS : Jurnal Pendidikan Biologi, 2(2), 38-46. Retrieved from https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Tunas/article/view/485
Werniawati Sarumaha .(2022). Vol 5 No 1 (2022) Pengaruh Budaya Organisasi Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Camat Telukdalam Kabupaten Nias Selatan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Nias Selatan
Wiputra Cendana., Dkk. (2021). Model-Model Pembelajaran Terbaik. Nuta Media
Yulia Sani. 2019. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Biologi Di Kelas XI SMA Muhammadiyah-10 Rantauprapat. Vol. 1 No. 3 Mei (2019)
Yuliana Ndruru. (2024). ANALISIS PERMASALAHAN SISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 1 ULUNOYO. TUNAS : Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1), 41-54. https://doi.org/10.57094/tunas.v5i1.1806
Zamzami, Sakdiah, Dan Nurbaiza. 2020. Analisis Faktor Kesulitan Belajar Mata Pelajaran Biologi Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar.
Zega, U. H., & Telaumbanua, S. M. (2022). Pengaruh Pertumbuhan Tanaman Tomat Melalui Pemberian Pupuk Bokashi Kotoran Ayam Broiler. JURNAL SAPTA AGRICA , 1(2), 1-17. https://doi.org/10.57094/agrotek.v1i2.389
a