ANALISIS UNSUR KOHESI DAN KOHERENSI DALAM KARANGAN EKSPOSISI YANG DITULIS OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 MAZO T.A 2021/2022
Guru Bahasa Indonesia di SMP Negeri 4 Mazo, Nias Selatan
Abstract
Kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 4 Mazo dalam menyusun karangan. masih ditemukan kekeliruan dalam karangan yang ditulis oleh siswa kelas VII.Terdapat kalimat yang tidak padu, karena siswa kurang memperhatikan penggunaan kohesi dan koherensi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan unsur kohesi leksikal yang digunakan dalam karangan eksposisi yang ditulis oleh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Mazo Tahun Ajaran 2021/2022, Untuk mendeskripsikan unsur koherensi aditif yang digunakan dalam karangan eksposisi yang ditulis oleh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Mazo Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah contoh karangan eksposisi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian terdiri dari tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan dalam karangan eksposisi siswa terdapat 22 bentuk repetisi, kolokasi 19 bentuk, 4 bentuk antonimi, hiponimi 20 bentuk dan koherensi adisi sebanyak 19 bentuk. Peneliti menyimpulkan terdapat 4 kohesi leksikal yaitu repetisi, sinonim, antonimi, hiponimi, dan kolokasi. 22 kohesi leksikal repetisi, 20 kohesi leksikal hiponimi, 19 kohesi leksikal kolokasi, 4 kohesi leksikal antonimi, dan 4 kohesi leksikal sinonim. 19 (sembilan belas) koherensi adisi. Saran kepada guru mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia dalam proses pembelajaran diharapkan lebih. Kepada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Mazo. Kepada peneliti lain.
References
Baryadi iPratomo. i2002. iDasar-Dasar iAnalisis iWacana idalam iBahasa. iYogyakarta: iPustaka iGanda iSuli.
Chaer, iAbdul. i2009. iLinguistik iUmum. iJakarta: iRineka iCipta.
Dalman. i2016. iKeterampilan iMenulis. iPT. iRajagrafindo iPersada. iJakarta
Djimungin, iSarkiah. i2017. iTeks iEksposisi idan iPerangkatnya.Diterbitkan ioleh iBadan iPenerbit iUniversitas iNegeri iMakassar.
Heriyanto.2021. iBuku iSiswa iBahasa iIndonesia.Penerbit: iPT. iGramedia iWidiasarana iIndonesia, iJakarta.
Khoerunisa, iSetiana. i2019. iSuper iComplete iRumus iMatematika iIPA. iPenerbit: iSahabat iPelajar iCerdas, iDepok.
Zalukhu, M. C., Laia, B., Dakhi, S., & Buulolo, E. M. I. (2022). PERGESERAN BAHASA NIAS DIALEK SELATAN DI DESA HILINDRASO RAYA KECAMATAN TOMA KABUPATEN NIAS SELATAN. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 63-72.
Mulyana. i2005. iKajian iWacana, iTeori iMetode idan iAplikasi iPrinsip-Prinsip iAnalisis iWacana. iYogyakarta: iTiara iWacana.
Rani, iAbdul idkk. i2004. iAnalisis iWacana: iMalang: iBayumedia iPublising.
Sugiyono. i2016. iMetode iPenelitian iBisni i(Pendekatan iKuantitatif, iKualitatif idan iR i& iD). iBandung: iAlfabeta
Tarigan, iHenry iGuntur. iMenulis iSebagai iSuatu iKeterampilan iBerbahasa. iBandung: iAngkasa. i
Widaningsih iIda. i2019. iStrategi idan iInovasi iPembelajaran iBahasa iIndonesia idi iEra iRevolusi iIndustri. iPenerbit: iUwais iInspirasi iIndonesia, iPonogoro.
Zai, E. P., Duha, M. M., Gee, E., & Laia, B. (2022). PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMA NEGERI 1 ULUGAWO. Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 13-23.
Ziraluo, M., Fau, H. S., Simanullang, N. R., Laia, B., & Gaurifa, D. (2022). FILOSOFI DAN MAKNA OMO SEBUA (RUMAH ADAT BESAR) DI DESA BAWOMATALUO KECAMATAN FANAYAMA KABUPATEN NIAS SELATAN. Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 72-87.