ANALISIS POLA KALIMAT DASAR BAHASA NIAS UTARA DIALEK TENGAH DI DESA SIFALAGӦ SUSUA KECAMATAN SUSUA KABUPATEN NIAS SELATAN: KAJIAN SINTAKSIS

Guru Bahasa Indonesia di SMK Negeri 2 Susua, Nias Selatan

  • Maretnita Laia
Keywords: Bahasa; bahasa Nias; pola kalimat dasar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kepedulian dan keingintahuan peneliti tentang bahasa daerah Nias karena setiap bahasa memiliki ciri khas yang spesifik yang tidak dimiliki oleh bahasa lain. Oleh karena itu, sehubungan luasnya aspek kebahasaan, peneliti melakukan penelitian tentang analisis pola kalimat dasar bahasa Nias Utara dialek Tengah di Desa Sifalagö Susua, Kecamatan Susua, Kabupaten Nias Selatan: kajian sintaksis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola kalimat dasar bahasa Nias Utara dialek Tengah. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam bahasa Nias Utara dialek Tengah di Desa Sifalagö Susua, Kecamatan Susua, Kabupaten Nias Selatan terdapat pola kalimat dasar yang diawali dari pola S-P, S-P-O, S-P-Pel, S-P-O-Ket, S-P-O-Pel, S-P-Pel-Ket. P-S, P-S-Pel, P-S-O, P-S-O-Ket, P-Pel-Ket, P-S-Ket, P-S-Ket-Pel. Ket-S-P, Ket-P-S, Ket-S-P-O, Ket-S-P-Pel, Ket-P-S-Pel. Maka dapat disimpulkan bahwa dalam bahasa Nias Utara dialek Tengah di Desa Sifalagö Susua, Kecamatan Susua, Kabupaten Nias Selatan, penggunaan pola kalimat dalam kalimat dasar bisa diawali oleh pola subjek, pola prredikat, dan pola keterangan. Peneliti menyarankan, 1) kepada mahasiswa supaya melestarikan dan mengembangkan ilmu bahasa Nias. 2) adanya perhatian dari pihak pemerintah daerah terhadap pelestarian bahasa Nias dengan menerapkan kebijakan bahwa di sekolah SD dan SMP meggunakan bahasa Nias di daerah setempat pada pelaksanaan proses belajar mengajar khususnya pada mata pelajaran Mulok.

References

Laia, B. (2018). Kontribusi Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Stkip Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 6(1), 70-70.
Laia, B., & Zai, E. P. (2020). Motivasi Dan Budaya Berbahasa Inggris Masyarakat Daerah Tujuan Wisata Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Tingkat Slta (Studi Kasus: Desa Lagundri-Desa Sorake-Desa Bawomataluo). Jurnal Education and Development, 8(4), 602-602.
Liusti, Ainim Siti. 2016. Analisis Kalimat Berdasarkan Pola Kalimat Dasar dan Kalkulus predikat. Adabiyyat, Vol. XV, No.6 (Online) (https://ejournal.uin-suka.ac.id/adab/Adabiyyat/article/view/1064)
Maharjani Tri, Suhendra, Ekowati, Talita & Hilal. 011. Sintaksis Bahasa Indonesia. Bogor: CV Lindan Bestari.
Mahsun. 2014. Teks Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT RajaGravindo Persada.
Sugiyono. 2010. Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sururiyah, S. 2119. Mengenal Kalimat dan Jenis Kalimat. Jakarta: PT. Mediantara Semesta.
Widjono, Hs. 2012. Bahasa Indonesia Mata Kuliah Pengmbangan Kepribadian di Perguruan Tinggi/EdisiRevisi. Jakarta: PT Grasindo.
Wijayanti, Sri Hapsari dkk. 2013. Bahasa Indonesia Penulisan dan Penyajian Karya Ilmiah. Jakarta: Perpustakaan Nasional.
Zagoto, Sitasi. 2018. Variasi Bahasa Nias: Sebuah Kajian Dialektologi. Medan.
Zalukhu, M. C., Laia, B., Dakhi, S., & Buulolo, E. M. I. (2022). PERGESERAN BAHASA NIAS DIALEK SELATAN DI DESA HILINDRASO RAYA KECAMATAN TOMA KABUPATEN NIAS SELATAN. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 63-72.
Ziraluo, M., Fau, H. S., Simanullang, N. R., Laia, B., & Gaurifa, D. (2022). FILOSOFI DAN MAKNA OMO SEBUA (RUMAH ADAT BESAR) DI DESA BAWOMATALUO KECAMATAN FANAYAMA KABUPATEN NIAS SELATAN. Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 72-87.
Published
2023-04-07
How to Cite
Laia , M. (2023). ANALISIS POLA KALIMAT DASAR BAHASA NIAS UTARA DIALEK TENGAH DI DESA SIFALAGӦ SUSUA KECAMATAN SUSUA KABUPATEN NIAS SELATAN: KAJIAN SINTAKSIS . KOHESI : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 36-43. https://doi.org/10.57094/kohesi.v3i2.850