PENGGUNAAN CANVA SEBAGAI MEDIA DALAM PEMBELAJARAN TEKS ARGUMENTASI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penggunaan Canva sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia pada materi teks argumentasi siswa kelas XI di SMAN 1 Kartasura. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu siswa dan objek pada penelitian ini yaitu poster berisi argumentasi buatan siswa. Adapun data pada penelitian ini berupa deskripsi informasi proses penggunaan Canva sebagai media teks argumentasi dalam bentuk poster. Sumber data pada penelitian ini yaitu siswa yang menjadi pelaku implementasi. Penelitian ini dilakukan dengan teknik pengumpulan data meliputi observasi proses pembelajaran, dokumentasi hasil kerja siswa, dan catatan mengenai tantangan yang dihadapi selama penggunaan Canva. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan cara deskriptif melalui idenifikasi pola penggunaan Canva dalam pembelajaran, respon dan juga motivasi siswa, serta kendala-kendala yang dihadapi oleh siswa dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Canva sebagai media pembelajaran mendapat respon positif dari siswa. Meskipun demikian dalam implementasinya terdapat kendala-kendala yang dialami siswa, misalnya (1) keterbatasan akses internet, (2) keterbatasan fitur aplikasi versi gratis, (3) kesenjangan kemampuan siswa dalam menggunakan aplikasi.
References
Aly, A. H., & Mimin Aminah. (2025). SERTIFIKASI DA’I DALAM LENSA LITERASI PUBLIK: ANALISIS KRITIS PODCAST ’HOTROOM’. KOHESI : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 42-62. https://doi.org/10.57094/kohesi.v5i2.2929
Colorafi, K. J., & Evans, B. (2016). Qualitative descriptive methods in health science research. HERD, 9(4), 16–25. https://doi.org/10.1177/1937586715614171
Fitriyani, Y., Supriatna, N., & Sari, M. Z. (2021). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Kreatif Pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 97–109.
Ganeswara, M. G., & Atih, A. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Teks Persuasi Berbasis Canva. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 14(1), 55–64.
Ginting, Y. S., Siti Zahara, Kartika Nadila Putri, & Nur Amelia. (2025). ANALISIS KRITIK SOSIAL DALAM CERPEN “TIGA KUBURAN LAIN” KARYA T AGUS KHAIDIR . KOHESI : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 75-88. https://doi.org/10.57094/kohesi.v5i2.4001
Gyta, M., & Ripai, A. (2024). Penggunaan Canva Dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Pada Siswa SMK Semarang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(2), 351–358.
Hadana, H. S., Utomo, A. P. Y., Sa’adah, N., & Ardyasti, T. (2023). Implementasi Media Canva pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Teks Negosiasi Kelas X SMA Negeri 11 Semarang. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial (JUPENDIS), 1(1), 126–142.
Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana, M., & Indra, I. (2021). Media pembelajaran. Tahta Media Group.
Herawati, N., Nuryani, N., & Saputra, A. E. (2025). Pemanfaatan Canva dalam Pembelajaran Interaktif: Kajian Kualitatif. Jurnal Penelitian Rumpun Ilmu Teknik, 4(1), 102–112.
Mala, N. N., Martono, B., & Mardiana, N. (2023). Penggunaan Media Infografis Digital Berbasis Aplikasi Canva Sebagai Peningkat Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Teks Anekdot. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 10(2), 101–108.
Nadirawati, A. S., & Adhisty Dwiriyani Putri. (2025). REPRESENTASI BUDAYA MISTIS DALAM TUTURAN FILM WAKTU MAGRIB: KAJIAN ANTROPOLINGUISTIK. KOHESI : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 28-41. https://doi.org/10.57094/kohesi.v5i2.2928
Neergaard, M. A., Olesen, F., Andersen, R. S., & Søndergaard, J. (2009). Qualitative description – the poor cousin of health research? BMC Medical Research Methodology, 9, 52.
Ningrum, A. A. L., & Talib, J. (2023). Pemanfaatan Canva For Education Untuk Pembuatan Komik Bahan Ajar Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di SMA Negeri 1 Bantaeng: Utilization Canva For Education For The Making Of Indonesian Language Teaching Materials In Limited Face To Face Learning At Sma Negeri 1 Bantaeng. Anterior Jurnal, 22(1), 119–123.
Nita, S., Untari, E., Sussolaikah, K., & Rifai, M. H. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berbasis Canva untuk Meningkatkan Keterlibatan Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring. Digital Transformation Technology, 5(1), 354–359.
Putra Alim, C., Khoiriyah, S. A., Apsari, E. A., & Zulfikar, F. (2025). ALIH WAHANA SASTRA SEBAGAI STRATEGI LITERASI: REKAYASA KREATIF NOVEL DEWASA MENJADI NOVEL ANAK. KOHESI : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 63-74. https://doi.org/10.57094/kohesi.v5i2.2651
Purba, M. P., Hartanto, R. V. P., & Nuryadi, M. H. (2025). Implementasi Mind Mapping pada Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Pancasila untuk Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Locus Penelitian dan Pengabdian, 4(5), 2135–2154.
Ramasari, A. D., Febriosa, S., & Putri, D. A. E. (2025). Analisis Media Pembelajaran Canva terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Indonesian Research Journal on Education, 5(1), 1035–1042.
Resmini, S., Satriani, I., & Rafi, M. (2021a). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Abdimas Siliwangi, 4(2), 335–343.
Resmini, S., Satriani, I., & Rafi, M. (2021b). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Abdimas Siliwangi, 4(2), 335–343.
Sagala, A., Auliah, R., Zulhijjah, S., Hermagustiana, I., & Noviar, I. (2023). Efektivitas Media Pembelajaran Canva Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Poster. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 4, 181–186.
Sandelowski, M. (2000). Whatever happened to qualitative description? Research in Nursing & Health, 23(4), 334–340. https://doi.org/10.1002/1098-240x(200008)23:4
Saraswati, R., & Setiastuti, C. M. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Teks Biografi Kelas X Sma N 5 Surakarta. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(1).
Sari, A. N., Mulyati, Y., & Kurniawan, K. (2024). Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Dengan Bantuan Canva di SMA. Anafora: Jurnal Penelitian Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 46–52.
Sari, H. P., Salamah, S., & Sari, W. A. (2025). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Canva Terhadap Keterampilan Menulis Teks Iklan Di Kelas VIII SMPN 14 Kota Bengkulu. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP), 5(4), 958–964.
Sikhatun, N. S. U. (2025). Implementasi Canva pada Pembelajaran Menulis Komik Strip (Teks Anekdot) Kelas X ULP 2 di SMK Negeri 2 Semarang. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 5(2), 815–823.
Syakur, A. (2023). Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Aplikasi Canva Di SMA N 1 Krian Sidoarjo. Pancasona: Pengabdian Dalam Cakupan Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(1), 143–150.
Widiarti, M., Laksono, K., & Amri, M. (2024). Penggunaan Dampak Positif Terhadap Eksplorasi Kreativitas Literasi Digital Painting Canva Pembelajaran Puisi Kelas 5 SDN Gondek. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 14–21.









