GURU PROFESIONAL KONTRA MERDEKA BELAJAR – KAMPUS MERDEKA

  • Agustin Sukses Dakhi Universitas Nias Raya
Keywords: Profesionalisme guru; Kontra; MBKM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tantangan penerapan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka bagi mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang dipersiapkan menjadi seorang guru profesional.       Metode penelitian adalah berdasarkan studi kepustakaan dengan menggunakan buku dan teori serta melakukan pengamatan dan  mempelajari program Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. Adapun temuan penelitian bahwa Program Merdeka Belajar - Kampus Merdeka tidak mendukung mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan menjadi guru profesional. Konversi nilai mahasiswa sejumlah 20 atau 40 sks dengan kegiatan atau program yang diikuti mahasiswa tidak ada hubungannya dengan bidang ilmu atau mata kuliah di program studi atau jurusannya sehingga tidak mendukung mahasiswa menjadi guru profesional

References

Arifin, Zainal. 2017. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Asril Z.
Chairunnisa, Connie. 2016. Manajemen Pendidikan Dalam Multi Perspektif. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Dakhi, Agustin Sukses. 2020. Kiat Sukses Meningkatkan Disiplin Siswa. Yogyakarta: Deepublish.
Dakhi, Agustin Sukses. 2020. The Learn From Home and Alienation: 133-137 IJSTM.
Damayanti, 2016. Sukses Menjadi Guru. Yogyakarta: Araska.
Danim, Sudarwan dan Khairil. 2010. Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabeta.
Danim, Sudarwan. 2011. Perkembangan peserta didik. Bandung: Alfabeta.
Djamaluddin dan Wardana. Belajar dan Pembelajaran. Pare-Pare: CV. Kaaffah Learning
Hartono, Agung. Dan Sunarto2008. Perkembangan Peserta didik. Jakarta: Rineka Cipta.
Hidayat, Rakhmat. 2013. Pengantar Sosiologi Kurikulum. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
https://belajarkreatif.org/7-manfaat-kkn-tematik-yang-jarang-diketahui/.
https://campuspedia.id/news/info-terbaru-kampus-merdeka-ada-9-program-untuk-mahasiswa/
https://dikti.kemdikbud.go.id/festival-kampus-merdeka/program-baru-wirausaha-merdeka- targetkan-lulusan-siap-kerja-dan berwirausaha/#:~:text=Wirausaha%20Merdeka%20adalah%20bagian%20dari,melalui%2 0aktivit as%20di%20luar%20kelas
https://kampusmerdeka.um.ac.id/index.php/proyek-kemanusiaan/
https://m.bisnis.com/amp/read/20220721/263/1557523/cara-daftar-dan-syarat-ikut-wirausaha- merdeka-untuk-mahasiswa
https://mbkm.unairac.id/penelitian-riset
https://mbkm.unm.ac.id/bkp/kknt/
https://pusatinformasi.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/4418812047897-Apa-itu- Kampus-Mengajar-
https://pusatinformasi.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/4417529304601-Apa-itu-Program-Pertukaran-Mahasiswa-Merdeka-#:~:text=Program%20Pertukaran%20Mahapeserta didik%20Merdeka%20tahun,PT)%20terbaik%20di%20seluruh%20Indonesia.
https://pusatinformasi.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/9200035628953- Persyaratan-Mahasiswa-Mengikuti-Pertukaran-Mahasiswa-Merdeka.
https://pusatinformasi.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/4416927940377-Apa-itu- Program-Magang-Studi-Independen-Bersertifikat-
https://www.dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kabar/program-mobilitas-internasional-mahapeserta didik-indonesia-kesempatan-bagi-mahasiswa-indonesia-belajar-di-luar-negeri/
Imtihanah I M, dan Gumati RW. 2022. Micro Teaching, Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Majid, Abdul.2015. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020.
Sri Anitah W., Noorhadi. 1999. Strategi Belajar-Mengajar. Jakarta: Universitas terbuka, Depdikbud.
Winataputra, dkk. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka, Departemen Pendidikan Nasional.
Zainal, Aqib. 2010. Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendekia.
Zainal, Arifin. 2017. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Published
2025-11-03