ANALISIS PENILAIAN KOMPOTENSI SIKAP SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS XI SMK NEGERI 1 ARAMO TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021

  • Apilianus Duha
  • Sesuaikan Sarumaha
  • Maria Magdalena Duha
Keywords: Penilaian; kompetensi; sikap siswa

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil wawancara yang dilakukan peneliti di SMK Negeri 1 Aramo, peneliti menemukan bahwa keberhasilan belajar peserta didik dalam kompetensi sikap dapat di kategorikan rendah. Hal ini diakibatkan karena pembelajaran yang dilaksanakan didalam kelas hanya memfokuskan pada bidang kemampuan dan sikap siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penilaian kompetensi sikap siswa dalam pembelajaran PPKn di kelas XI SMK Negeri 1 Aramo serta mengetahui bagaimana kompetensi sikap siswa dalam pembelajaran PPKn di kelas XI SMK Negeri 1 Aramo. Untuk menyikapi permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian mengenai Analisis Penilaian Kompetensi Sikap Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Kelas XI SMK Negeri 1 Aramo Tahun Pembelajaran 2020/2021.Pendekatan yang dillakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari 1 guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan, dan 5 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui tahap observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan melalui tiga alur kegiatan (1) Reduksi data, (2) Penyajian data, dan (3) Penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti bahwa, guru PPKn  yang ada di SMK Negeri 1 Aramo telah melaksanakan penilaian kompetensi sikap siswa dengan baik dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. peneliti menyarankan bahwa : hendaknya guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan memberikan penilaian kompetensi sikap siswa selama pelaksanaan pembelajaran didalam kelas, hendaknya guru Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan rutin untuk membina, memotivasi dan mengarahkan peserta didik dalam pembentukan sikap dan watak yang baik serta mampu menjadi peserta didik yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, hendaknya guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan tetap menggunakan Kurikulum 13 pada saat pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas, serta hendaknya guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan membina sikap siswa agar menjadi yang bertaqwa kepada tuhan yang maha esa.

References

AdisusiloSutarjo. 2013. PembelajaranNilai-Karakter. Jakarta: Cipta RajaGrafindoPersada.

Ahmadi Rulam. 2014. PengantarPendidikan. Yogyakarta: AR-RUZZMEDIA

Arikunto Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dina Gasong. 2018. Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utomo.

Emzir.2012. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hamalik, Oemar. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT BumiAksara.

JihatAsepdanHaris Abdul. 2012. Evaluasi Pembelajaran.Yogyakarta: Multi Presindo.

Muslich Masnur. 2011. Pendidikan karakter. Jakarta: PT BumiAksara.

Mu’in Fatchul. 2012. Pendidikan Karakter. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Saputro Andi Riki, Indris Muhamad dan Suryani Idar. 2021. Tipologi PeninggalanSejarah Masa Klasik Hindu-buddha. JawaTengah: Lakeisha.

Sagala Sayful. 2013. Konsepdan Makna Pembelajaran. Bandung: ALFABETA

Sanjaya Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Sujarweni Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan.Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT BumiAksara.

Suwendra Wayan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Bandung. Nila-Cakra

Published
2021-03-25