ANALISIS PERAN GURU PADA PROSES PEMBELAJARAN DALAM SUASANA COVIP-19 DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 TOMA TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya peran guru dalam proses pembelajaran kelas VIII SMP Negeri 3 Toma di karenakan suasana covid-19. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan untuk mendeskripsikan peran guru pada proses pembelajaran dalam suasana covid-19. Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpalan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi/gabungan. Peneliti melakukan pengamatan dilapangan dengan, mencatat apa saja peranan guru pada proses pembelajaran dalam suasana covid-19 di kelas VIII SMP Negeri 3 Toma. Temuan penelitian yaitu kurang perhatian guru dalam proses belajar anak, guru kurang memberikan pengertian kepada anak bahwa dengan belajar cita-cita anak akan tercapai, cara orangtua memberikan hadiah dan hukuman dalam proses belajar belum optimal, fasilitas belajar yang diberikan orangtua untuk anak kurang, respon guru ketika anak mengalami kesulitan belajar kurang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan Peran guru khususnya di SMP Negeri 3 Toma sangat cukup memberikan dorongan kepada siswa agar siswa tetap semangat dalam belajar. Saran, guru diharapkan mampu memahami perannya dalam menghadapi berbagai kondisi apapun sehingga siswa selalu termotivasi dan mempunyai semangat dalam belajar.
References
Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. RINEKA CIPTA.
Istarani dan Pulungan Inta. 2015. Hasil Belajar. Medan: PT. MEDIA PERSADA.
Moleong. Lexy J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar: Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Satori, Djam’an. 2011. Profesi Keguruan. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta, CV.
Suparlan. 2005. Menjadi Guru Efektif. Yokyakarta: HIKAYAT Publishing.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenanda Media Group.
Laia, B., Telaumbanua, E. P., Tafonao, Y., Gulo, T., & Hulus, F. A. (2022). Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19. CV Jejak (Jejak Publisher).
Laia, B., Lase, Y. S., Moho, S. M., Hulu, Y., & Laia, Y. (2022). Motivasi Anak Desa: The True Story of Life. CV Jejak (Jejak Publisher).
Undang-Undang Replubik Indonesia Nomor 3 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Agus purwanto. 2020. Study Eksploratif Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal Of Education, Psychology and Counseling, (Online), Volume 2 Nomor 1 (2020) ISSN Online: 2716-4446. (agozpor@gmail.com, diakses 13 Mei 2021).
Laia, B. (2019). Social Injustice In Stella Knightley’s Novel Girl Behind The Mask. Jurnal Education and Development, 7(4), 315-315.
Laia, B. (2019). Improving the Students’ Ability in Speaking by Using Debate Technique at the Tenth Grade of SMK Negeri 1 Aramo. Scope: Journal of English Language Teaching, 4(1), 1-9.
Laia, B. (2018). Kontribusi Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Stkip Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 6(1), 70-70.
Laia, B., Zagoto, S. F. L., Fau, Y. T. V., Duha, A., Telaumbanua, K., Ziraluo, M., ... & Harefa, D. (2022). PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMA NEGERI DI KABUPATEN NIAS SELATAN. Jurnal Ilmiah Aquinas, 162-168.
Laia, B., & Zai, E. P. (2020). Motivasi Dan Budaya Berbahasa Inggris Masyarakat Daerah Tujuan Wisata Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Tingkat Slta (Studi Kasus: Desa Lagundri-Desa Sorake-Desa Bawomataluo). Jurnal Education and Development, 8(4), 602-602.
Laia, B. (2022). SOSIALISASI DAMPAK KEGIATAN KULIAH KERJA NYATA DI DESA (STUDI: DESA SIROFI). Haga: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 74-84.
Mursalin, Sulaiman, Nurmasyatah, 2017, Peran Guru dalam Pelaksanaan Manajemen Kelas di Gugus Bungong Seulangan Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Sekolah Dasar, (Online), Volume 2 Nomor 1, (Mursalkapppas92@gmail.com, diakses 15 Mei 2021).
Sabaniah, S, Ramdhan, F Dadan, Rohmah, K, S. 2021, Peran Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan, (Online), Volumen 2 Nomor 1, (Sitisabaniah27@gmail.com, diakses 17 Mei 2021).
Zai, E. P., Duha, M. M., Gee, E., & Laia, B. (2022). PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMA NEGERI 1 ULUGAWO. Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 13-23.