STRATEGI PEMANFAATAN MEDIA PRESENTASI CANVA UNTUK MENGUATKAN KETRAMPILAN KOLABORASI PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS X-1 SMA NEGERI 3 SEMARANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pemanfaatan platform desain grafis canva dalam memperkuat keterampilan kolaborasi peserta didik di kelas x-1 sma negeri 3 semarang. Pendekatan kualitatif digunakan dengan fokus pada guru pendidikan pancasila dan peserta didik kelas x-1. Data primer diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan data sekunder mencakup literatur terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa canva memiliki potensi dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran dengan menyajikan materi yang menarik dan interaktif. Meskipun demikian beberapa hambatan ditemukan seperti kesiapan guru, fasilitas rusak dan akses terbatas teridentifikasi. Strategi yang disarankan meliputi penggunaan template, rencana darurat, pengelolaan akses wifi, penegakan aturan, dan dukungan tutor sebaya. Temuan ini menyoroti peran penting canva dalam memfasilitasi kolaborasi dalam pembelajaran, dengan implikasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan persiapan siswa menghadapi tantangan masa depan.
References
Hanipah, S. (2023). Analisis Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Memfasilitasi Pembelajaran Abad Ke-21 Pada Siswa Menengah Atas. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI), 1(2), 264–275.
Khoiruzzadi, dan T. P. (2021). Perkembangan Kognitif Dan Implikasinya Dalam Dunia Pendidikan (Ditinjau dari Pemikiran Jean Piaget dan Vygotsky) Muhammad Khoiruzzadi, 1 & Tiyas Prasetya 2. Jurnal Madaniyah, 11(1), 1–14.
Legi, H., & Dkk. (2023). Pembelajaran Transformatif Kurikulum Merdeka di Era Digital. Journal Education Innovation (JEI), 1(1), 60–68.
Lestari, Tuti, D. (2023). Meningkatkan Semangat Gotong Royong Melalui Aturan Kolaboratif di Rumah, Sekolah, dan Sekitarnya. Jurnal Pendidikan Transformatif ( JPT ), 02(04), 1–18.
Nur, M. H., & dan Zamroni. (2023). Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Pendidikan Agama Islam: Pendekatan Berbasis Pengembangan Masyarakat. MAKTABAH BORNEO, Jurnal Pengembangan Belajar Dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, 2(2), 1–18.
Purwaningrum, R., & Surur, N. (2023). Harmonisasi Hubungan Guru Bimbingan dan Konseling dengan Orangtua melalui Strategi Kolaborasi : Systematic Literature Review. Indonesian Journal of Guidance and Counseling : Theory and Application, 12(1), 119–136.
Rahman, A. (2018). Desain Model dan Materi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam, 16(2), 128–143. https://doi.org/10.35905/alishlah.v16i2.743
Ristiantita, M. dkk. (2024). Analisis Strategi dan Metode Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 1–11.
Rochmawati, N. (2018). Peran Guru Dan Orang Tua Membentuk Karakter Jujur Pada Anak. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(2), 1. https://doi.org/10.30659/jspi.v1i2.3203
Sasabone, L. dkk. (2023). Pemanfaatan Teknologi Melalui Pelatihan Penggunaan Fitur Canva Dalam Penyusunan Media Pembelajaran Online. Communnity Development Journal, 4(6), 12526–12530.
Wardani, D. A. W. (2023). Problem Based Learning: Membuka Peluang Kolaborasi Dan Pengembangan Skill Siswa. Jurnal Penelitian Dan Penjaminan Mutu, 4(1), 31–41.
Wati, C. N. dkk. (2022). Kolaborasi Perguruan Tinggi dan Industri dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka ( MBKM ). Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 202–208.