PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS METAKOGNISI PADA MATERI PERMINTAAN DAN PENAWARAN

MAN Insan Cendekia kota Palu

  • Hardi Irzanti Djamal Hardi MAN Insan Cendekia Kota Palu
Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik, pengembangan, metakognisi, bahan ajar.

Abstract

Materi permintaan dan penawaran dalam pembelajaran ekonomi selalu mengalami kendala disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu : pembelajaran lebih banyak  berfokus pada guru sehingga peserta didik mudah lupa, peserta didik belum memiliki strategi belajar yang dapat mengukur pemahamannya, dan bahan ajar yang digunakan belum sesuai dengan kebutuhan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik dengan berbasis metakognisi sehingga peserta didik mampu memantau hasil belajarnya. Jenis penelitian ini termasuk Pengembangan dengan subjek penelitian kelas X di MAN Insan Cendekia Kota Palu. Pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik berbasis metakognisi yang dikembangakan memenuhi kriteria “Sangat Layak”. Dengan demikian, Lembar Kerja Peserta Didik berbasis metakognisi ini dapat digunakan sebagai bahan ajar alternatif dalam proses belajar mengajar materi permintaan dan penawaran.

References

Furqoniyah, A. (2016). Pengembangan LKS Melalui Strategi Metakognitif Untuk Melatihkan Keterapilan Berpikir Kritis Pada Materi Termokimia. UNESA Journal of Chemical Education, 5(2).

Hasbullah. (2018). Pengembangan LKS Pemecahan Masalah Matematika Bilingual Berdasarkan Strategi Metakognitif untuk SMP Kelas VII, Vol. 2, No(1), 27–31.

Hernawan, A. H., & Resmini, N. (2010). Konsep Dasar dan Model-model Pembelajaran Terpadu, 1–35. Retrieved from http://repository.ut.ac.id/4039/1/PDGK4205-M1.pdf)

Istianah, D. (2012). Pengembangan Bahan Ajar dengan Pendekatan Metakognisi Pada Materi Permintaan dan Penawaran Kelas X SMA Negeri 3 Demak. Journal of Educational Social Studies, 1(1).

Krathwhol, & Dkk. (2001). A Taxonomy For Learning, Teaching, and Assesing. New York: David McKY Company.

Pulmones, R. (2007). Learning chemistry in a metacognitive environment. The Asia-Pacific Education Researcher, 16(2), 165–183.

Riduwan. (2016). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Rohaeti, E., LFX, E. W., & Padmaningrum, R. T. (2009). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) mata pelajaran sains kimia untuk SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan, 10(1).

Safitri, S. (2015). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis metakognisi pada materi laju reaksi.

Salirawati, D. (2006). Penyusunan dan Kegunaan LKS dalam Proses Pembelajaran. Makalah Dipresentasikan Pada Kegiatan Pengabdian Masyarakat, UNY Yogyakarta.

Siswati, B. H., & Corebima, A. D. (2017). The effect of education level and gender on students’ metacognitive skills in Malang, Indonesia. Advances in Social Sciences Research Journal, 4(4).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Thiagarajan, & dkk. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Bloomington: Indiana University.

Vula, E., Avdyli, R., Berisha, V., Saqipi, B., & Elezi, S. (2017). The impact of metacognitive strategies and self-regulating processes of solving math word problems. International Electronic Journal of Elementary Education, 10(1), 49–59.

Yasir, Mochamad, D. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Strategi Belajar Metakognitif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pewarisan Sifat Manusia. Ejournal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Bioedu.

Published
2023-03-04
How to Cite
Hardi, H. I. D. (2023). PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS METAKOGNISI PADA MATERI PERMINTAAN DAN PENAWARAN. Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 22 - 29. Retrieved from https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/JPE/article/view/589