ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI PEMBELAJARAN EKONOMI SELAMA PANDEMI COVID-19 KELAS X SMA DI DESA MONDROWE KECAMATAN SIDUAORI

  • Yernimawati Hulu
Keywords: Pemamahaman; siswa; pembelajaran ekonomi

Abstract

Pandemic covid 19 memberikan dampak pada tingkat pemahaman siswa terhadap materi pelajaran karena proses belajar siswa tidak dapat dikontrol secara langsung oleh guru. Interaksi antara guru dan siswa hanya ketika proses pembelajaran dalam jaringan dilaksanakan. Tujuan penelitian ini adalah: Mendeskripsikan kegiatan belajar siswa di rumah di masa pandemi covid-19, mendeskripsikan pemahaman siswa pada materi pelajaran Ekonomi selama pandemi covid-19, dan mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi pemahaman siswa pada materi pelajaran Ekonomi selama pandemi covid-19.Jenis penelitian adalahpenelitian kualitatif melalui pendekatan deskriptif. Hasilpenelitianadalah kegiatan belajar di rumah dimasa pandemi covid-19 dilaksanakan belajar dalam jaringan (daring).Tingkat pemahaman siswa pada materi pelajaran ekonomi selama pandemi covid-19 secara umum cenderung rendah, terlihat dari siswa kurang mampu dalam memahami materi pelajaran. Faktor yang mempengaruhi pemahaman siswa faktor kemalasan siswa untuk belajar dan mempelajari kembali pelajaran yang telah diberikan guru, kurangnya perhatian dan pengawasan orang tua dikarenakan kesibukan dimana sebagian besar orang tua bekerja sebagai petani, sehingga tidak memiliki waktu untuk mendampingi siswadan kurangnya fasilitas belajar.Kesimpulan penelitian adalah tingkat pemahaman siswa pada materi pelajaran ekonomi selama pandemi covid-19 cenderung rendah, dimanasiswa kurang menafsirkan, siswa hanya mencatat dan menyelesaikan tugas yang diberikan guru, kurang memberikan contoh, kurang mampu mengklasifikasikan materi pelajaran, kurang mampu memberikan ide, kurang mampu menjelaskan materi pelajaran.  Saran: Kepada peserta didik, untuk selalu aktif, tidak mudah menyerah dalam mengikuti seluruh kegiatan pembelajaran secara daring ini, kepada guru, untuk tetap selalu semangat membimbing siswa dalam kegiatan pembelajaran, sebaiknya guru lebih kreatif dan lebih inovatif dalam pembelajaran.

References

Ahmadi dan Supriyono. 2004. Djamarah Syaiful Bahri dan Zain Aswan. 2006.Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Daryanto. 2012. Evaluasi Pendidikan. Bandung: Rineka Cipta.
Hasan, Iqbal. 2013. Pokok-pokok Materi Statistik 1 (Statistik Deskriptif) Edisi Kedua. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Kusworo, dkk. 2019. PembaharuanPembelajaran PendidikanEkonomi.Banten: PT. UNPAMPRESS.
Mardalis. 2014. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Munandar, Utami. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Riyanto, Yatim, 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: PT. Penerbit SIC.
Safri, Hendra. 2018. PengantarIlmuEkonomi. Kota Palopo: PT. KampusIAINPalopo.
Sagala, Syaiful. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran: untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: PT. Alafabeta. Bandung.
Sanjaya, Wina. 2009. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT. Prenada Media Group.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2018. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif: untuk Penelitian yang Bersifat Ekploratif, Enterpretif, Interaktif, dan Konstruktif. Bandung: Alfabeta cv.
Suhana, Cucu. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama.
Wahyuni Catur Hana, Sulistiyowati Wiwik, dan Khamin Muhammad. 2019. Pengendalian Kualitas Aplikasi pada Industri Jasa dan Manufaktur dengan Lean, Six Sigma dan Servqual. Yogyakarta: PT. Graha Ilmu.
Yusuf, A. Muri. 2015. Metode Penelitian Kuantitataif Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada Media Group.

Sumber dari Internet
Dwi, dkk. 2020. Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.Vol 1 No 2. https://ummaspul.e-journal.id/MGR/article/view/559. (diakses bulan Juni 2021).
Fauzi, dkk. 2020. Tingkat Pemahaman Siswa Kelas X dalam Pembelajaran Daring Pendidikan Jasmani di SMAN 2 Cikarang Pusat.JurnalPendidikan. Volume 3 Nomor 2.https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/riyadhohjurnal/article/view/3714/2506. (diakses bulan Juni 2021).
Hasyim, Moh. 2011. Pencapaian Standar Kompetensi dalamKurikulum2006 pada MataPelajaranEkonomi Melului PendekatanKontekstual (Contextual Teaching And Learning)di SMANegeri 11Semarang.JurnalPendidikan Ekonomi DinamikaPendidikan. Vol. VINo.1. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/DP/article/view/5349. (diakses bulan Mei 2021).
Hendawati, YuyudanKurniatiCici.2017. PenerapanMetode EksperimenTerhadap PemahamanKonsep Siswa Kelas V padaMateriGayaDan Pemanfatannya.Jurnal Pendidikan. Vol 13, No 1. https://ejournal.upi.edu/index.php/MetodikDidaktik/article/view/7689. (diakses bulan Mei 2021).
Khansa, dkk. 2018. PenerapanModel Pembelajaran DiscoveryLearningdenganStrategiAriasuntukMeningkatkanPemahaman KonsepdanMotivasiBelajarpadaMateriRelasidanFungsi. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika SOLUSI Vol 2 No 4. https://jurnal.uns.ac.id/JMMS/article/view/22698. (diakses bulan Mei 2021).
Laia, B., Sarumaha, M., Zalukhu, M. C., Ndruru, M., Telaumbanua, T., Ndraha, L. D. M., & Harefa, D. (2021). PENDEKATAN KONSELING BEHAVIORAL TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL SISWA. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 159-168.
Laia, B. (2019). Social Injustice In Stella Knightley’s Novel Girl Behind The Mask. Jurnal Education and Development, 7(4), 315-315.
Laia, B. (2019). Improving the Students’ Ability in Speaking by Using Debate Technique at the Tenth Grade of SMK Negeri 1 Aramo. Scope: Journal of English Language Teaching, 4(1), 1-9.
Laia, B. (2018). Kontribusi Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Stkip Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 6(1), 70-70.
Laia, B., Zagoto, S. F. L., Fau, Y. T. V., Duha, A., Telaumbanua, K., Ziraluo, M., ... & Harefa, D. (2022). PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMA NEGERI DI KABUPATEN NIAS SELATAN. Jurnal Ilmiah Aquinas, 162-168.
Laia, B., & Zai, E. P. (2020). Motivasi Dan Budaya Berbahasa Inggris Masyarakat Daerah Tujuan Wisata Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Tingkat Slta (Studi Kasus: Desa Lagundri-Desa Sorake-Desa Bawomataluo). Jurnal Education and Development, 8(4), 602-602.
Natalia, dkk.2016. Analisis TingkatPemahamanSiswaBerdasarkanTeoriApospadaMateriPersamaanKuadratitinjau DariMinatBelajarSiswaKelasX. JurnalPendidikanMatematikadanMatematika(JPMM)Solusi.Vol.I No.5. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/matematika/article/view/11635 (diakses bulan Mei 2021).
Salmiati, dkk.2021. Tingkat PemahamanSiswadalamPembelajaranDaring danTatap MukaLangsungdalamMasaPandemi Covid-19 terhadapBimbingan TIKMenggunakanMetode Backpropagation.JurnalSistimInformasidan Teknologi. Vol 3 No 3. http://jsisfotek.upiyptk.ac.id. (diakses bulan Mei 2021).
Sholihin, Ibnu. 2017. TingkatPemahamanSiswaKelasXITerhadapPermainan BolaVolidiSMKMuhammadiyah2MuntilanTahunAjaran2016/2017. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Vol IV No 6. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pjkr/article/view/6925. (diakses bulan Mei 2021).
Tamarli dan Akhyar. 2019. Analisis Pemahaman Siswa Terhadap Materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dengan Menggunakan Alat Peraga dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Serambi Ilmu, Volume 20, Nomor 1, http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article. (diakses bulan Juni 2021).
Published
2020-08-25
How to Cite
Hulu, Y. (2020). ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI PEMBELAJARAN EKONOMI SELAMA PANDEMI COVID-19 KELAS X SMA DI DESA MONDROWE KECAMATAN SIDUAORI. Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(1), 17-32. https://doi.org/10.57094/jpe.v2i1.471