PENGARUH PANDEMI COVID-19 TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 4 BORONADU
Abstract
Situasi covid-19 saat ini, proses pembelajaran dilakukan secara daring, Pembelajaran daring memiliki hambatan dan tantangan tersendiri, hambatan terjadi bagi guru yaitu banyak siswa yang sengaja tidak mengikuti pembelajaran daring disebabkan tidak memiliki kuota internet untuk mengakses pembelajaran sehingga siswa tersebut tertinggal dan tidak mendapatkan nilai selain itu masih ada beberapa siswa yang tidak memiliki fasilitas seperti handphone untuk melakukan kegiatan pembelajaran, hal ini menjadi sebuah hambatan pada proses pembelajaran yang dapat menurunkan aktivitas belajar peserta didik. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pandemi covid-19 terhadap aktivitas belajar siswa.Jenis penelitian yang digunakan kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Instrumen penelitian adalah angket.Hasil penelitian diperoleh thitung= 9,073 >ttabel = 2,048 atau hipotesis diterima (Ha). Kesimpulan penelitian adalah hipotesis penelitian diterima (Ha) yang artinya ada pengaruh pandemi covid-19 terhadap aktivitas belajar siswa. Pengaruh positifnya mendapatkan materi dengan mudah dan belajar mengevaluasi pembelajaran sendiri, sedangkan pengaruh negatifnya, saat proses pembelajaran daring pesan yang disampaikan tidak tersampaikan dengan baik, kurang berinteraksi dengan guru, keterbatasan kuota internet, fasilitas yang minim, gangguan sinyal, dan belum menguasai aplikasi secara menyeluruh.Saran peneliti:1) Bagi siswa, yang sudah melakukan aktivitas belajar secara baik, agar kiranya dipertahankan dan bagi siswa yang aktivitas belajar masih belum maksimal kiranya bisa di tingkatkan secara perlahan agar bisa terbiasa. 2) Bagi guruhendaknya mengevaluasi kembali strategi dalam pembelajaran di masa pandemi covid-19 untuk meningkatkan aktivitas belajar. 3) Bagi orangtua, selama pandemi covid-19 hendaknya orangtua memberikan perhatian dan pendampingan selama pembelajaran daring agar aktivitas belajar siswa dapat berjalan dengan baik.
References
, 2009.Dasar-dasar Evaluasi PendidikanEdisi Revisi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Dalyono. 2015.Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
DjamarahS. Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2012.Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Askara.
Hasan, Iqbal. 2013. Pokok-pokok Materi Statistik 1 (Statistik Deskriptif) Edisi Kedua. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Iskandar. 2009. Psikologi Pendidikan (Sebuah Orientasi Baru). Cipayung : Gaung Persada (GP) Press.
Riduwan. 2015. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: PT. Alfabeta.
Sardiman. 2011.Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2010.Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Subana dan Sudrajat. 2000. Statistik Pendidikan. Bandung: PT. Pustaka Setia.
Sudjana Nana dan Suwariyah Wari. 2010. Model-Model Mengajar CBSA. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhana. 2014.Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.
Sukardi.2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya.PT. Bumi Aksara.
Suprijono. 2010. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
SyahMuhibbin.2010. Psikologi Pendidikan: dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Yusuf, A. Muri. 2015. Metode Penelitian Kuantitataif Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada Media Group.
Pustaka dari Internet
Amalia dan Sa’adah. 2020. Dampak PandemiCovid-19TerhadapKegiatan BelajarMengajardiIndonesia.JurnalPsikologi. Online) Vol 13 No 2 (https://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/psiko/article/view/3572, diakses September 2021).
Anugrahana Andri. 2020. Hambatan,Solusidan Harapan: Pembelajaran DaringSelamaMasaPandemiCovid-19. JurnalPendidikandanKebudayaan.Online) Vol 10 No 3 (https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/4033, diakses September 2021).
Fauzi Muhammad. 2020. Strategi Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Al-Ibrah (Online) Vol 2 No 2.(https://scholar.google.co.id/citations?user=7vHm5NoAAAAJ&hl=id, diakses September 2021).
Herliandry. 2020. PembelajaranPadaMasaPandemiCovid-19. JurnalTeknologiPendidikan. (Online) Vol 22 No 1 (http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp/article/view/15286, diakses September 2021).
Kurniasari, dkk.Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) Selama Pandemi Covid-19.Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian. (Online) Vol 6 No 3.(https://journal.unesa.ac.id/index.php/PD/article/view/10423, diakses September 2021).
Pratama Rio Erwan dan Mulyati Sri. 2020. Pembelajaran DaringdanLuringpadaMasaPandemiCovid-19. Jurnal GagasanPendidikanIndonesia.(Online) Vol. 1 No 2. (https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/GAGASAN/article/view/9405/6413, diakses September 2021).
Putri, dkk. 2021. Strategi PembelajaranMelalui DaringdanLuringSelama Pandemi Covid-19. JurnalIlmiahKependidikan. (Online) Vol 2 No 1 (https://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/JPM/article/view/728/753,diakses September 2021).
Robandi Dedi dan Mudjiran. 2020. DampakPembelajarandariMasaPandemiCovid-19 terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP di KotaBukit Tinggi. Jurnal PendidikanTambusai. (Online) Vol 4 No 3 (https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/878, diakses Oktober 2021).
Siahaan, Matdio. 2020. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap DUnia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilimiah. (Onlie) Vol 1 No 1.(https://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/JKI/article/view/265, diakses Agustus 2021)
Wahidah, Idah, dkk. 2020. PandemikCovid-19: AnalisisPerencanaanPemerintah danMasyarakat dalamBerbagaiUpaya Pencegahan. JurnalManajemen dan Organisasi(JMO). (Online) Vol 11 No 3 (https://journal.ipb.ac.id/index.php/jmo/article/view/31695, diakses Oktober