ANALISIS HUBUNGAN DIFERENSIASI PRODUK TERHADAP PERILAKU KONSUMEN PADA UD. FAHUWU KECAMATAN GOMO

  • Aluiwaauri Tafonao
  • Yurmanius Waruwu Universitas Nias Raya
  • Samalua Waoma Universitas Nias Raya
Keywords: Diferensiasi produk; perilaku konsumen

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan diferensiasi produk terhadap perilaku konsumen di UD. Fahuwu. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif yang bersifat kausal. Sumber data adalah seluruh konsumen yang berbelanja pada UD. Fahuwu, dengan populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 37 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument penelitian yang dibuat dalam bentuk angket atau kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisi regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai korelasi sebesar 0,668. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan diferensiasi produk terhadap perilaku konsumen di UD. Fahuwu. Saran penelitian ini adalah (1) Untuk meningkatkan volume penjualan maka sebaiknya UD. Fahuwu perlu memberikan promosi di setiap produk. (2) Untuk membuat kenyamanan konsumen ketika melakukan pembelian maka sebaiknya perlu ditata setiap jenis produk sehingga suasana toko tersebut terlihat rapi.(3) menambah jenis dan bentuk produk yang dijual sehingga memberikan beragam pilihan kepada konsumen.

References

Anoraga, Pandji. 2004. Manajemen Bisnis. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Indrawati Hutami, Rieka Oktavia & Darmayanti. 2019. Marketing For Non-Marketing Superndetes. Cetakan I. Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.

Kotler Philip. 2002. Manajemen Pemasaran Analisis Perencanaan dan Pengendalian. Jakarta: Erlangga.

Manahati. 2018. Pemasaran Pariwisata. Cetakan I. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Nainggolan, Munadar, Sudarso. 2020. Perilaku Konsumen di Era Digital. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.

Nugroho dan Setiadi. 2019. Perilaku Konsumen. Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen. Cetakan VII. Jakarta: PrenadaMedia Group.
Sumber Jurnal

Hasbi. 2018. Hubungan Diferensiasi Produk terhadap Perilaku Konsumen Yamaha Fino di Kota Bandung. Jurnal Manajemen Volume 4, No. 2, Tahun 2018
Kurniadi Wandi. 2013. Hubungan Diferensiasi Produk Terhadap Perilaku Konsumen Pada CV.Tory Catering. Jurnal Manajemen Bisnis, Vol. 1. No. 3 2013
Rusdiana Suca. 2022. Hubungan Diferensiasi Produk Terhadap Perilaku Konsumen (Studi Pada Roseberry Cake Shop Garut). Jurnal Publikasi Sistem Informasi dan Manajemen Bisnis, Vol.1, No. 3
Published
2025-02-13
How to Cite
Tafonao, A., Waruwu, Y., & Waoma, S. (2025). ANALISIS HUBUNGAN DIFERENSIASI PRODUK TERHADAP PERILAKU KONSUMEN PADA UD. FAHUWU KECAMATAN GOMO. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Nias Selatan, 8(1), 39-48. https://doi.org/10.57094/jeb.v8i1.2542