PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA TOKO ROTI GEULIS BAKERY & CAKE IMAM BONJOL TELUK DALAM
Abstract
Pada dalam melakukan awal penulisan serta penelitian pada skrispi ini. sehingga dapat mengetahui dari awal tetntang bertujuan untuk mengkaji pengaruh harga dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen di Toko Roti Geulis Bakery & Cake Imam Bonjol Teluk Dalam Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan kasual Data yang digunakan adalah data primer Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Variabel harga (X1) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. dengan nilai thitung (2557) > ttabel (1691). yang berarti harga berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen di Toko Roti Geulis Bakery & Cake Imam Bonjol Teluk Dalam 2) Variabel kualitas produk (X2) juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. dengan nilai thitung (24626) > ttabel (1691) pada α = 005 dan df numerator 34 3) Nilai Fhitung sebesar 538595 > Ftabel (3276). menunjukkan bahwa variabel independen secara keseluruhan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen 4) Koefisien determinasi (R^2) sebesar 0.742 mengindikasikan bahwa 74.2% variabilitas kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh harga dan kualitas produk. sementara 25.8% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model 5) Persamaan regresi yang diperoleh adalah Y ̂= 0.482+ 0.126X1+ 0.916X2. di mana koefisien harga (b1) adalah 0.126 dan koefisien kualitas produk (b2) adalah 0.916. yang berarti setiap peningkatan satu satuan dalam harga akan meningkatkan kepuasan konsumen sebesar 0.916 Berdasarkan hasil penelitian. disarankan bahwa Toko Roti Geulis Bakery & Cake harus terus meningkatkan kepuasan konsumen dengan mempertahankan dan meningkatkan indikator-indikator dari harga dan kualitas produk. termasuk rasa. daya tahan. dan kemasan Peneliti selanjutnya disarankan untuk mengeksplorasi lebih banyak faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen selain harga dan kualitas produk dengan sampel yang lebih luas
References
Setijani, Erna Sugito, & Putjo Sumartono. (2019). *Manajemen Bisnis: The Pillars of Business Approach*. Jakarta: MNC.
Billy Nugraha. (2022). *Pengembangan Uji Statistik: Implementasi Metode Regresi Linier Berganda dengan Pertimbangan Uji Asumsi Klasik*. Karawang: Pradina Pustaka.
Budi Darma. (2020). *Statistika Penelitian Menggunakan SPSS*. Jakarta: Guepedia.
Djaali. (2021). *Metode Penelitian Kuantitatif*. Jakarta Timur: Bumi Aksara.
Yulianto Erwin. (2022). *Model Implementasi Integrasi Fungsi-fungsi Bisnis pada Kinerja Proses Bisnis Internal*. Jakarta: Cipta Media Nusantara.
Fandy Tjiptono. (2015). *Strategi Pemasaran* (Edisi 4). Yogyakarta: Andi Offset.
Hidayat, Aziz Alimul. (2021). *Penyusunan Instrumen Penelitian & Uji Validitas Reliabilitas*. Surabaya: Health Books Publishing.
Kotler, P. (2009). *Manajemen Pemasaran*. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). *Prinsip-Prinsip Pemasaran* (Edisi 12, Jilid 1). Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip, & Keller, Kevin Lane. (2007). *Manajemen Pemasaran* (Jilid I, Edisi Ke-12, Alih Bahasa oleh Benyamin Molan). Jakarta: Indeks.
Kotler, Philip, & Armstrong, Gary. (2008). *Prinsip-Prinsip Pemasaran* (Jilid I, Edisi Ke-12, Alih Bahasa oleh Bob Sabran). Jakarta: Erlangga.
Lupiyoadi, Rambat. (2013). *Manajemen Pemasaran Jasa (Praktik dan Teori)*. Jakarta: PTSalemba Empat.
Pandu Siyoto, & Ali Sodik. (2015). *Dasar Metodologi Penelitian*. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sangadji, Etta Mamang, & Sopiah. (2013). *Perilaku Konsumen*. Yogyakarta: Andi.
Sugiyono. (2011). *Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D*. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013). *Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D*. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). *Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D*. Bandung: Alfabeta.
Sofyan Yamin. (2021). *Tutorial Statistik SPSS, Lisrel, WarpPLS, JASP (Mudah dan Aplikatif)*. Jawa Barat: PT Dewangga Energi Internasional.
Syahril. (2022). *Kelapa Sawit (Perspektif Harga, Margin, Pemasaran)*. Jakarta: Syah Kuala University PressS.
Tafonao, A., Waruwu, Y., & Sihura, H. K. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada UD. Ecclesia Kecamatan Gomo. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Nias Selatan, 8(1), 1-8. https://doi.org/10.57094/jeb.v8i1.2009
Copyright (c) 2025 Aluiwaauri Tafonao

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.