PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA CITRA SWALAYAN KOTA PADANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Citra Swalayan Kota Padang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan bersifat asosiatif dengan unit analisis yang diteliti adalah semua konsumen yang berbelanja pada Citra Swalayan Kota Padang. Penelitian ini populasinya berjumlah 60 orang responden. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana: Y = 27,100 + 0,438 X. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen secara simultan. Dimana nilai kostanta sebesar 27,100 nilai Variabel Kualitas Pelayanan (β₁) sebesar 0,438 berarti setiap kenaikan sebesar 1 satuan maka minat beli konsumen akan mengalami kenaikan sebesar 438%. Dari hasil penelitian yang dilakukan maka Variabel Kualitas Pelayanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Variabel Kepuasan Konsumen pada Citra Swalayan kota Padang. Dengan nilai t-hitung 5,502 > t-tabel 1,672 dan tingkat signifikan 0,000<0,05, maka H₁ diterima dan H₀ ditolak, artinya Variabel Kualitas Pelayanan (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Variabel Kepuasan Konsumen(Y) pada Citra Swalayan kota Padang. Saran untuk objek penelitian 1) Diharapkan bagi pemilik usaha swalayan supaya menciptakan pelayanan yang baik terhadap konsumen demi kenyamanan konsumen pada saat melakukan pembelian. 2) bagi pemilik usaha agar menerapkan strategi yang modern dengan berbagai inovasi dalam menghadapi pesaing. 3) Diharapkan bagi pemilik usaha supaya menyediakan produk dalam berbagai ukuran supaya bisa memenuhi apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan konsumen dan tidak merasa kecewa pada saat berbelanja.
References
Arikunto. 2017. Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Darman. 2015. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Jom Faperta. Vol. 2, No. 1. Universitas Riau.
Diana. 2005. Mengukur Kepuasan Pelanggan. Yogyakarta: Andi Offset.
Dwiastuti. 2012. Ilmu Perilaku Konsumen. Malang: UB Pres.
Harlie. 2016. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen dalam Upaya Meningkatkan Pembelian. Jurnal Aplikasi Manajemen. Vol. 14, No. 2. Uniska Banjarmasin.
Khusaini, Ahmad. 2016. Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. SKRIPSI. Universitas Negeri Yogyakarta.
Kotler. 2003. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kusmiati, Siti. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada Koperasi Koppy Maniez Pondok Pesantren Nurul Umah Putri Yogyakarta. SKRIPSI. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Lubis, Alfi Syahri. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan (Service Quality) Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Of Busines Administrasi. Vol 1 No 2. Prodi Administrasi Bisnis Terapan Politeknik Negeri Batam.
Lusiana, Vera. 2015. Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi. SKRIPSI. Universitas Muhammadiyah Semarang.
Panjaitan, Januar Efendi. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada JNE Cabang Bandung. Jurnal Manajemen. Vol 11 No 2. Universitas Telkom
Rosit A. 2008. Analisis Pengaruh Tingkat Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. SKRIPSI. Jakarta: Universitas Islam Negeri.
Sugiarto. 2000. Metode Statistika Untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
-----------2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustakabarupress.
Sulaksana, Wildan. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Pada Kepuasan Konsumen Bengkel Global Motor Center yogyakarta.SKRIPSI. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Sulistyawati. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Industri Ubur Gianyar. E-jurnal Manajemen Unud. Vol. 4, No. 8. Universitas Udayana.
Suliyanto. 2008. Teknik Proyeksi Bisnis Teori dan Aplikasi dengan Microsoft Excel. Yogyakarta: Andi Offset.
-----------2011. Ekonometrika Terapan: Teori dan Aplikasi dengan SPSS. Yogyakarta: Andi Offset.
Sunarti, Dika Lambang Krisdianti. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Restoran Pizza Hut Malang Town Square. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 70 No. 1. Universitas Brawijaya Malang.
Tafonao, Aluiwaauri. 2021. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Merek Acer Di Kabupaten Nias Selatan.” JEB: Jurnal Ekonomi dan Bisnis 5(1): 119–29.
———. 2022. “Strategi Promosi Sebagai Upaya Melestarikan Objek Wisata Batu Megalit Tundrumbaho Di Desa Lahusa Idanotae Kecamatan Idanotae Kabupaten Nias Selatan.” HAGA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1: 28–31. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/HAGA/article/view/531.
Tangguh. 2018. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Go-Ride. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 61, No. 2. Universitas Brawijaya.
Umar. 2009. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Umum.
-----------2010. Desain Penelitian MSDM dan Perilaku Karyawan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Utami. 2009. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen dalam Mempergunakan Jasa Transportasi PT. Solo Central Taxi di Surakarta. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan. Vol. 9, No. 1. Universitas Slamet Riyadi Surajarta.
Wardani, Tri Ulfa. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bisnis Jaya Transportasi Gojek.SKRIPSI. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.