ANALISIS SWOT SEBAGAI STRATEGI MENINGKATKAN DAYA SAING DI APOTEK DHARMA HUSADA TANJUNG MORAWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis SWOT digunakan sebagai alat menyusun strategi meningkatkan daya saing dari Apotek Dharma Husada Tanjung Morawa. Apotek merupakan salah satu fasilitas pelayanan kesehatan yang mudah dijangkau oleh masyarakat. Apotek adalah tempat dilakukannya kegiatan pelayanan kefarmasian oleh apoteker. Dalam melakukan penelitian ini, peneliti menggunakan metode analisis SWOT melalui pendekatan kualitatif deskriptif yang mendeskripsikan faktor-faktor internal dan eksternal dari Apotek Dharma Husada Tanjung Morawa. Pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan observasi dan wawancara kepada pemilik Apotek, karyawan dan masyarakat sekitar Apotek. Hasil dari penelitian ini adalah analisis SWOT sebagai strategi meningkatkan daya saing perlu dievaluasi lagi, agar terbentuknya kinerja yang baik dalam memanfaatkan kekuatan dan peluang yang ada untuk kemajuan Apotek Dharma Husada Tanjung Morawa.
References
Dalimunthe, M. B. (2017). Keunggulan Bersaing Melalui Orientasi Pasar dan Inovasi Produk. JKBM (JURNAL KONSEP BISNIS DAN MANAJEMEN), 3(2), 140-153.
Haris, A. (2013). Pengembangan Produk Unggulan Industri Kecil Dan Strategi Pemasaran Berbasis Analisis SWOT Pada Industri Kecil Genteng, Kayu Mebel, dan Bordir di Kabupaten Probolinggo. Jurnal EcoBuss, 1(1).
Heriyanto, M., & Prawiades, P. (2015). Analisis Strategi Bersaing Industri Bisnis Farmasi/apotek di Kota Pekanbaru (Doctoral dissertation, Riau University).
Iskandar, S. M. (2018). Strategi Bersaing Pada Perusahaan Distribusi Consumer Goods Dalam Mencapai Keunggulan Kompetitif. Agora, 6(1).
Lexi, M. (2010). Metodelogi Penelitian Kuantitatif. Penerbit PT Remaja Rosdakarya Bandung.
Nisak, Z. (2013). Analisis SWOT untuk menentukan strategi kompetitif. Jurnal Ekbis, 9(2), 468
Rahayu, D. T., & Retnani, E. D. (2016). Penerapan analisis SWOT dalam perumusan strategi bersaing pada Eddy Jaya Photo. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 5(2).
Rangkuti, F. (2013). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis, Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI, Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.
Ratnawati, A. (2013). Peningkatan Kinerja Pemasaran Melalui Optimalisasi Keunggulan Bersaing. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 14(1), 72-89
Suryatama, E. (2014). Lebih Memahami Analisis SWOT Dalam Bisnis. Surabaya: Kata Pena.
Copyright (c) 2023 Mario Andrias Kiton, Ferdinand Tharorogo Wau

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.