PEMANFAATAN PEKARANGAN RUMAH UNTUK BUDIDAYA TANAMAN SAYUR DI DESA BANUAGEA KECAMATAN TUHEMBERUA

  • Nonozisokhi Gea Universitas Nias Raya
  • Karunia Gea Universitas Nias Raya
Keywords: Budidaya, Tanaman Sayur, Vertikultur

Abstract

Tujuan pada kegiatan pengabdian ini supaya masyarakat petani sayur dapat memanfaatkan pekarangan rumah  dengan benar untuk budidaya tanaman sayur.  Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode ceramah berbentuk sosialisasi digunakan dengan peserta terdiri dari masyarakat petani Desa Banuagea Kecamatan Tuhemberua. Kegiatan ini dilaksanakan di Balai Pertemuan Desa Banuagea pada hari Selasa, 23 November 2021. Hasil yang didapatkan pada pengabdian ini adalah masyarakat Desa Banuagea Kecamatan Banuagea begitu antusias mengikuti kegiatan ini sehingga telah terlaksana dengan baik. Pemateri menyampaikan bahwa pekarangan dapat dimanfaatkan untuk melakukan budidaya tanaman sayur. Simpulan pada kegiatan pengabdian ini bahwa Pekarangan dapat dimanfaatkan dengan teknik budidaya tanaman sayuran secara vertikultur melalui beberapa model dengan menggunakan wadah berupa pipa paralon, botol bekas, pot, polybag atau wadah lainnya tergantung kreatifitas.

References

Diwanti, Dyah Pikanthi. (2018). Pemanfaatan Pertanian Rumah Tangga (Pekarangan Rumah) Dengan Teknik Budidaya Tanaman Sayuran Secara Vertikultur. Jurnal Martabe 1(3).

Gea, K. (2022). PEMANFAATAN BIOCHAR SEKAM DAN JERAMI PADI UNTUK MENINGKATKAN HASIL PADI GOGO (Oryza sativa L.) PADA MEDIUM ULTISOL. Jurnal Sapta Agrica, 1, 45–59.

Gea, G, dkk. 2023 Budidaya Tanaman Pinang (Areca Catechu L ) Spesifik Teknik Pembibitan Di Desa Ombolata Kecamatan Afulu. Haga: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 2.1.

Liferdi, L dan Cahyo Saparinto. (2016). Vertikultur Tanaman Sayur. Jakarta: Penebar Swadaya.

NonozisokhiGea. (2022). INTRODUKSI GEN Hd3a DENGAN PROMOTOR 35S CaMV PADA TANAMAN KENTANG (Solanum tuberosum L.) KULTIVAR IPB CP (CHIP POTATO) 1 MELALUI Agrobacterium tumefaciens. Jurnal Sapta Agrica, 1.

Riah. 2005. Pemanfaatan Lahan Pekarangan. Penebar Swadaya. Jakarta.

Rilis Direktorat Jendral Hortilultura Kementerian Pertanian. 6 Februari 2021

Sarumaha. M.S., 2023. Sosialisasi Dampak Ilmuwan Kepada Masyarakat Sebagai Wujud Kemandirian Bangsa. Haga: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 2.1. DOI : https://doi.org/10.57094/haga.v2i1.922

Sismihardjo 2008, ‘Kajian agronomis tanaman buah dan sayuran pada struktur agroforestri pekarangan di wilayah Bogor, Puncak dan Cianjur (Studi kasus di DAS Ciliwung dan DAS Cianjur)’, Tesis, Program Studi Agronomi, Sekolah Pascasarjana. Institut Pertanian Bogor

Telaumbanua, A. O., Putra, V., & Hulu, J. (2023). PENGARUH CAMPURAN AMPAS TEH DAN AMPAS TEBU TERHADAP PERTUMBUHAN CABAI MERAH KERITING (Capsicum annum L.). Jurnal Sapta Agrica, 2(1), 1–10.

Telaumbanua, S. M. (2022). PENGARUH KONSENTRASI AIR KELAPA DAN DOSIS ARANG AKTIF TERHADAP PERTUMBUHAN PLANLET ANGGREK Dendrobium sp DENGAN MEDIA VW SECARA IN VITRO. Jurnal Sapta Agrica, 1, 26–33.

Widarto. L. (2016). Vertikultur Bercocok Tanam Secara Bertingkat. Jakarta: Penebar Swadaya.

Published
2023-11-30
How to Cite
Gea, N., & Gea, K. (2023). PEMANFAATAN PEKARANGAN RUMAH UNTUK BUDIDAYA TANAMAN SAYUR DI DESA BANUAGEA KECAMATAN TUHEMBERUA. HAGA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1-6. https://doi.org/10.57094/haga.v2i2.947