SEMINAR PENINGKATAN KUALITAS GURU DIGITAL DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA
Abstract
Pengabdian ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan kualitas guru digital dalam implementasi kurikulum merdeka. Dalam kurikulum merdeka, guru diharuskan lebih profesional, memiliki kreatifitas, kritis, berinovasi, mampu menguasai metode pembelajaran, kurikulum dan memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran. Kegiatan seminar ini menggunakan metode ceramah dan telah dilaksanakan pada tanggal 2 mei 2023 diselenggarakan secara online melalui aplikasi zoom. Seminar ini menghadirkan narasumber dengan membahas materi tentang pembelajaran abad 21 dan pentingnya memahami kurikulum merdeka, serta pemberian contoh penggunaan teknologi dalam pelaksanaan pembelajaran. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan seminar ini berjumlah 70 orang. Kurangnya pemahaman dan rendahnya keterampilan guru tentang digitalisasi sehingga seminar dapat diselenggarakan. Hasil pengabdian diperoleh, peserta seminar mampu memahami materi dengan sangat baik dan memperoleh wawasan tentang pemanfaatan teknologi digital dalam proses pembelajaran, berbagai alat dan sumber daya digital yang relevan dengan kurikulum merdeka.
References
Madhakomala, Layli Aisyah, Fathiyah Nur Rizqiqa, Fransiska Desiana Putri, Sidiq Nulhaq. (2022). Kurikulum merdeka dalam perspektif pemikiran
pendidikan paulo Freire. At-Ta`lim : Jurnal Pendidikan Vol.8 No.2 (2022) Hal. 162-172
Sasikirana, V., & Herlambang, Y. T. (2020). Urgensi Merdeka Belajar di Era
Revolusi Industri 4.0 dan Tantangan Society 5.0. 8(2), 1–8.
https://doi.org/10.1007/XXXXXX-XX-0000-00
Syahputra, E. (2018). Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia.
Sinastekmapan, 1(10), 1276–1283.
Prasetya. 2023. Karya Inovasi Guru. Malang : Samisanov
Sarlota. 2022. Managemen Pelatihan dan Pengembangan. Sumatera Barat : CV Azka Pustaka.
Sugiarta. 2019. Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara. Bali : Undiksha.
Wijaya. 2016. Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global. Malang : Universitas Negeri Malang. Jurnal Vol 1