STRATEGI PROMOSI SEBAGAI UPAYA MELESTARIKAN OBJEK WISATA BATU MEGALIT TUNDRUMBAHO DI DESA LAHUSA IDANOTAE KECAMATAN IDANOTAE KABUPATEN NIAS SELATAN
Universitas Nias Raya
Abstract
Situs Batu Megalit Tundrumbaho yang ada di Desa Lahusa Idanotae ini mempunyai nilai sejarah dan budaya yang amat penting dilestarikan, maka kawasan di sekitar situs tersebut perlu ditata dengan baik. Selain untuk melestarikan situs budaya yang ada di kawasan itu, penataan ini juga dimaksudkan untuk menarik perhatian para wisatawan domestik maupun mancanegera dengan berbagai macam kegiatan promosi yang dilakukan. Metode Pelaksanaan dalam pengabdian ini mengadopsi bauran promosi yang termasuk dalam perencanaan pelesarian Situs Batu Megalit Tundumbaho yang ada Desa Lahusa Idanotae, antara lain: 1) Periklanan (Advertising), 2) Penjualan Personal (Personal Selling), 3) Promosi dari Mulut ke mulut (Word of mouth), 4) Promosi Penjualan (Sales Promotion), 5) Publisitas (Publicity), dan 6) Hubungan Masyarakat (Public Relations). Ringkasan rencana hasil pengabdian ini yaitu membangun
Strategis pengembangan pariwisata pada daerah mitra yaitu dengan memperhatikan sarana dan prasarana yang ada dan penerapan sapta pesona pariwisata . Penerapan Sapta pesona pada objek wisata, Sapta pesona yang mengandung tujuh unsur yang menentukan citra baik terhadap objek wisata yaitu: Aman, Tertib, Bersih, Sejuk, Indah, dan Ramah tamah serta kenangan, kehadirannya memang sangat begitu terasa penting dan sudah saatnya dibutuhkan, bukan hanya sebagai kebutuhan pokok wisatawan, tetapi juga sebagai tolak ukur dalam meningkatkan kualitas pariwisata.
References
Gusti Noorlitaria Achmad1, Evon Seplika Kadang2, A. R. B. (2021). Pengenalan Inovasi Kawasan Taman Nasional Kutai Dalam Pengembangan Ekowisata Pada Masa New Normal. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kita, 1(1),2021| 21-25, 2(1), 503–511.http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/download/2365/2369/
Rambat Lupiyoadi, A. H. A. (2009). Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat
Riwukore, J. R. (2021). Kondisi Eksisting Destinasi Pariwisata Pantai Lasiana Kota Kupang Berdasarkan Atraksi, Aksesibilitas, Fasilitas, Kelembagaan, Dan Ekosistem Pariwisata. 15(2), 103–115.
Tafonao Aluiwaauri. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Merek Acer Di Kabupaten Nias SELATAN. JEB: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 5(1), 119–129.