PENDAMPINGAN MERANCANG TABUNGAN SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN MENABUNG KELAS VI SD
Abstract
Program pendampingan merancang tabungan sederhana ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran menabung pada siswa kelas VI SD. Pendampingan dilaksanakan melalui pendekatan praktis dan edukatif dalam tiga tahapan, yaitu edukasi tentang pentingnya menabung, pembuatan tabungan sederhana dari bahan bekas, dan implementasi kebiasaan menabung dengan monitoring. Metode yang digunakan dalam program ini melibatkan diskusi interaktif, praktik langsung, dan evaluasi rutin. Hasil pendampingan menunjukkan adanya peningkatan signifikan terhadap kebiasaan menabung siswa. Sebelum program dilaksanakan, hanya 30% siswa yang memiliki kebiasaan menabung secara rutin. Setelah program berlangsung, persentase siswa yang aktif menabung meningkat menjadi 85%. Selain itu, kegiatan ini mendorong kreativitas siswa dalam memanfaatkan bahan bekas untuk merancang tabungan serta membentuk sikap disiplin dan tanggung jawab dalam mengelola uang jajan mereka. Dengan demikian, program ini terbukti efektif dalam menanamkan kebiasaan menabung sejak dini. Dukungan dari pihak sekolah, guru, dan orang tua diharapkan dapat menjaga keberlanjutan program ini sehingga kesadaran menabung dapat menjadi budaya positif di kalangan siswa.
References
Andini, N., Sinaga, V. A., & Nasution, S. (2024). Meningkatkan Kesadaran Menabung Sejak Dini Melalui Sosialisasi Pentingnya Menabung di SDN 104272 Desa Ujung Rambung. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 3(4), 401-405.
Ardianingsih, A. (2024). Edukasi Belajar Menabung Untuk Anak-Anak. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(6), 1925-1929.
Ariyani, A. D., Fajri, R. N., Hidayah, N., & Sartika, U. D. (2022). Kecakapan literasi keuangan pada anak usia sekolah dasar sebagai upaya pembentukan karakter cerdas mengelola uang. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(12), 3223-3230.
Dini, J. P. A. U. (2022). Analisis Implementasi Pendidikan Keuangan pada Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2429-2438.
Fatikasari, N. (2022). SOSIALISASI MENABUNG SEJAK DINI DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT MENABUNG SISWA KELAS 6 SD NEGERI SENDEN 2. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), 3883-3890.
Igamo, A. M., Effendi, A., Apriani, D., & Andaiyani, S. (2021). Edukasi pentingnya menabung sejak dini di desa kota daro ii. Jurnal Pengabdian Aceh, 1(4), 214-218.
Ilham Akbar M, & Setya, I. (n.d.). UPAYA MENINGKATKAN KESADARAN LITERASI MENABUNG DI SDN 28 RANDUAGUNG GRESIK.
Hanifah, A., Maswanto, M., Mutmainah, M., Riyanti, R., Hamdan, M., & Robiah, R. (2022, October). Pentingnya Literasi Keuangan Untuk Anak Usia Dini Di Tk Islam Melati, Kelurahan Cempaka Putih Kecamatan Ciputat Timur Tangerang Selatan. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).
Kurniasih, N., Putri, M. A. A., Lestari, K. E., & Olivia, V. (2021). Sosialisasi gerakan gemar menabung (gemabung) sejak dini dan meningkatkan kreativitas dengan membuat celengan dari bahan bekas. Abdimas Indonesian Journal, 1(2), 105-112.
Krisdayanthi, O. A. (2019). PENERAPAN FINANCIAL PARENTING (GEMAR MENABUNG) PADA ANAK USIA DINI. In Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (Vol. 4, Issue 1). https://www.ejournal.ihdn.ac.id/index.php/PW/issue/archive
Mautorin, A. A., Andi, K. S., Tulun, S. M., Balol, P. A., Baso, S. P., & Ketmoen, A. (2023). Sosialisasi Gemar Menabung pada Anak-Anak Kelurahan Batakte Melalui Pemanfaatan Barang Bekas Menjadi Celengan. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 4(2), 655-659.
Murtani, A. (2019). Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat 2019 SINDIMAS 2019 STMIK Pontianak (Vol. 29).
Rante, G. A., Titirloloby, J., Sitaniapessy, G., Huwae, L. M. C., Ruban, A., & Manuputty, G. D. (2023). Sosialisasi Gemar Menabung Sejak Dini pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Ambon. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains dan Teknologi, 2(2), 95-103.
Rosmadewi, S., Isnaini, E., Pramono, A. F., & Nasution, S. (2024). Sosialisasi dan Motivasi Pentingnya Menabung Kepada Anak-anak Sejak Usia Dini untuk Bekal Masa Depan. 2(5).
Salim, A., Andiyana, A., Himmawan, D., & Rusydi, I. (2022). Sosialisasi Pentingnya Menabung Sejak Usia Dini Bagi Anak-Anak Di Desa Kedokangabus Indramayu. Community: Jurnal Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 24-31.
Sari, D., Antini, D., Himmawan, D., & Rusydi, I. (2022). Pengabdian Masyarakat melalui Sosialisasi Mini Bank Dalam Upaya Meningkatkan Minat Menabung Bagi Anak-Anak Di Desa Rancamulya Indramayu. ENGAGEMENT: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 23-30.
Siregar, E. F. S., Sembiring, M., & Nasution, I. S. (2020). Pendampingan mendesain tabungan sederhana sebagai solusi kesadaran menabung bagi anak usia sekolah dasar di Deli Serdang. Jurnal Abdidas, 1(4), 234-241.
Sunarto, A., Krisyanto, E., & Ellesia, N. (2023). Penyuluhan Budaya Menabung Untuk Anak Serta Mengelola Keuangan Sendiri Secara Mandiri Dengan Hemat, Cermat Dan Tepat Pada Peserta Didik Yayasan Lembaga Amil Zakat Nasional Mizan Amanah. Indonesian Collaboration Journal of Community Services (ICJCS), 3(1), 29-41.
Vidia, M. P., & Muslih, M. (2022). Meningkatkan Kesadaran Menabung Pada Anak-Anak Sejak Dini Di Desa Sampali Kecamatan Percut Sei Tuan. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1-7.





