UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DENGAN MELAKUAN BIMBEL MEMBACA KELAS 1 DI MIS MIFTAHUL HUDA 2 KOTA PALANGKA RAYA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 di MIS Miftahul Huda 2 Kota Palangka Raya melalui bimbingan belajar (bimbel) membaca. Permasalahan utama yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca siswa, yang teridentifikasi melalui observasi kelas. Terdapat tujuh siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca, bahkan dalam mengeja huruf-huruf sederhana. Untuk mengatasi hal ini, peneliti melaksanakan program bimbel membaca yang dirancang khusus untuk membantu siswa agar dapat membaca dengan lancar. Metode yang digunakan dalam bimbel ini adalah pembelajaran secara bertahap, di mana siswa diberikan kesempatan untuk membaca secara bergiliran, dengan pengawasan langsung dari pengajar. Penelitian ini menunjukkan hasil yang positif, di mana semua siswa yang mengikuti program bimbel menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan membaca. Evaluasi dilakukan setelah empat bulan, dan hasilnya menunjukkan bahwa siswa yang sebelumnya kesulitan membaca kini dapat membaca dengan lancar. Program bimbel membaca ini memberikan manfaat tidak hanya dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa, tetapi juga mempererat kerjasama antara orang tua dan sekolah. Diharapkan agar program serupa dapat terus dilaksanakan guna menjaga kelancaran membaca siswa di masa depan.
Kata kunci: (Membaca, Peningkatan,Bimbingan )
Abstract
This study aims to improve the reading skills of grade 1 students at MIS Miftahul Huda 2 Palangka Raya City through reading tutoring. The main problem behind this study is the low reading ability of students, which was identified through classroom observation. There were seven students who had difficulty in reading, even in spelling simple letters. To overcome this, the researcher implemented a reading tutoring program specifically designed to help students to read fluently. The method used in this tutoring is gradual learning, where students are given the opportunity to read in turn, with direct supervision from the teacher. The study showed positive results, where all students who participated in the tutoring program showed significant improvement in reading skills. An evaluation was conducted after four months, and the results showed that students who previously struggled with reading could now read fluently. This reading tutoring program provides benefits not only in improving students' reading skills, but also in strengthening the cooperation between parents and schools. It is hoped that similar programs can continue to be implemented to maintain students' reading fluency in the future.
Keywords: (Reading, Improvement, Guidance)
References
Abdullah, D. (2015). Bimbingan Belajar Bagi Siswa Berkesulitan Membaca Dahliana. 6.
Harianto, E. (2020). “Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa.” Jurnal didaktika, 9(1), 2. https://doi.org/https://doi.org/10.58230/27454312.2
Ifrida, F., Huda, M., Prayitno, H. J., Purnomo, E., & Sujalwo, S. (2023). Pengembangan dan Peningkatan Program Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 1–12. https://doi.org/10.56972/jikm.v3i1.94
Latifatul Khusnah, D. A. W. (2023). Efektifitas Metode Les Baca Ahe Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan KelaS 1. Nucl. Phys., 13(1), 104–116.
Mahayyun, S. I. (2022). Peran Bimbingan Belajar AHE Tawangrejo dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas Rendah. Journal of Education and Technology, 1(2), 82–98.
Patiung, D. (2016). Membaca Sebagai Sumber Pengembangan Intelektual. Al Daulah : Jurnal Hukum Pidana dan Ketatanegaraan, 5(2), 352–376. https://doi.org/10.24252/ad.v5i2.4854
Rahim, A. (2022). Implementasi Bimbingan Belajar Membaca Menulis Berhitung Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Darurrohman Kertanegara Haurgeulis. Jurnal Penelitian Multidisiplin Ilmu, 1(2), 83–96. https://melatijournal.com/index.php/Metta/article/view/98
Suchyadi, Y. (2022). Analisis Bimbingan Belajar Siswa Berkesulitan Membaca. Journal of Social Studies Arts and Humanities (JSSAH), 2(2), 137–142. https://doi.org/10.33751/jssah.v2i2.7146
Syah, A. (2024). Pendampingan les membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa di mi al-muhajir kereng pangi. Journal of Social Sciences and Technology for …, 5(1), 77–83. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JSSTCS/article/view/3637