BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 3 SUSUA TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Abstract
Berdasarkan hasil pengamatan awal, bahwa ada beberapa siswa memiliki masalah tentang kemandirian belajar siswa seperti, sikap tidak percaya diri, kurang disiplin, kurang memiliki tanggung jawab, bergantung terhadap orang lain, kurang inisiatif sendiri dan kurang melakukan kontrol diri. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan layanan bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa di SMA Negeri 3 Susua. (2) Untuk mendeskripsikan kemandirian belajar. (3) Untuk mendeskrpsikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kemandirian belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif melalui pendekatan deskriptif. Sumber data adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, data display, verifikasi data. Hasil penelitian layanan BK dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa kurang efektif karena tidak memenuhi fungsi pemahaman, pemeliharaan, pengembangan, pencegahan, pengentasan, dan pembelaan. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pelayanan BK dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa kurang efektif sesuai dengan fungsi bimbingan dan konseling dan ada pun faktor-faktor yang mempengaruhi kemandirian belajar siswa antara lain: faktor ekonomi, faktor keluarga, faktor lingkungan dan faktor pribadi siswa itu sendiri. Peneliti mengajukan saran, yaitu sebagai berikut: hendaknya pihak sekolah menyediakan fasilitas, seperti ruangan BK, ruang laboratorium untuk jurusan IPA, ruang perpustakaan, guru BK menyediakan program, dan guru BK bekerja sama dengan dewan guru dan orang tua.
References
Ali, Muhammad; Asrori, Muhammad. 2011. Psikologis Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Rajagrafindo persada.
Fathoni. 2006. Meodologi Penelitian Dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: PT.Asdi Mahasatya.
Gaho, Jidarahati, Kaminudin Telaumbanua, and Bestari Laia. 2021. “EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LAHUSA TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021.” COUNSELING FOR ALL: Jurnal Bimbingan dan Konseling 1(2): 13–22. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=-kuZhqsAAAAJ&citation_for_view=-kuZhqsAAAAJ:hqOjcs7Dif8C.
Laia, Bestari et al. 2021. “PENDEKATAN KONSELING BEHAVIORAL TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL SISWA.” Jurnal Ilmiah Aquinas 4(1): 159–68. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=-kuZhqsAAAAJ&citation_for_view=-kuZhqsAAAAJ:2osOgNQ5qMEC.
———. 2022. “PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMA NEGERI DI KABUPATEN NIAS SELATAN.” Jurnal Ilmiah Aquinas 5(1): 162–68. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=-kuZhqsAAAAJ&citation_for_view=-kuZhqsAAAAJ:0EnyYjriUFMC.
Laia, B. (2019). Social Injustice In Stella Knightley’s Novel Girl Behind The Mask. Jurnal Education and Development, 7(4), 315-315.
Laia, B. (2019). Improving the Students’ Ability in Speaking by Using Debate Technique at the Tenth Grade of SMK Negeri 1 Aramo. Scope: Journal of English Language Teaching, 4(1), 1-9.
Laia, B. (2018). Kontribusi Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Stkip Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 6(1), 70-70.
Laia, B., & Zai, E. P. (2020). Motivasi Dan Budaya Berbahasa Inggris Masyarakat Daerah Tujuan Wisata Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Tingkat Slta (Studi Kasus: Desa Lagundri-Desa Sorake-Desa Bawomataluo). Jurnal Education and Development, 8(4), 602-602.
Laia, B., & Daeli, B. (2022). Hubungan Kematangan Emosional dengan Penyesuaian Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Faomasi Kecamatan Lahomi Kabupaten Nias Barat. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 2(2), 12-24.
Sinulingga. 2012. Metodologi Penelitian. medan: Usu Press.
Sriyono. 2015a. Bimbingan Dan Konseling Belajar Bagi Siswa Di Sekolah Program Bimbingan Belajar Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Depok: PT.Rajagrafindo Persada.
———. 2015b. Bimbingan Dan Konseling Belajar Bagi Siswa Di Sekolah Program Bimbingan Belajar Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Depok: PT.Rajagrafindo Persada.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuanlitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yusuf. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada Media Grup.