HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN MENGINGAT PEMBELAJARAN DENGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PESERTA DIDIK KELAS X MAN 1 OGAN ILIR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pentingnya keterampilan mengingat pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan komunikasi interpersonal yang efektif di antara peserta didik dan pengaruh faktor lain seperti latar belakang budaya dan konteks sosial. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif untuk menghubungkan keterampilan mengingat dengan kemampuan interpersonal melalui analisis korelasi. Pengolahan data dilakukan menggunakan aplikasi Excel dan SPSS. Penelitian dilakukan dengan uji validasi terhadap 30 responden yang menjadi subjek penelitian yang ditemukan di MAN Negeri 1 Ogan Ilir. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik terutama kelas X.1 yang menjadi subjek penelitian memiliki keterampilan mengingat pembelajaran dan kemampuan interpersonal yang bagus atau dalam kategori normal sehingga tidak memerlukan bantuan yang responsive untuk mengatasinya. Namun dalam penelitian ini ditemukan bahwa keterampilan mengingat pembelajaran tidak memiliki keterkaitan dengan hubungan interpersonal.
References
Ahlaro, Steven Ronald. 2020. “Kriteria Metode Pembelajaran Yang Baik Dan Efektif.” Jurnal Masalah Pastoral 8(1): 16–29.
Ali, M.Makhrus, Tri Hariyati, Meli Yudestia Pratiwi, and Siti Afifah. 2022. “Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan Penerapannya Dalam Penelitian.” Education Journal : Penelitian Ibnu Rusyd Kotabumi 2(2): 1–6.
Andini, Diah Tri, and Lisa Adhrianti. 2019. “Hubungan Interpersonal Pada Remaja Hedon (Studi Pada Mahasiswa Hukum Universitas Bengkulu).” Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmiah Sosial dan Humaniora 3(2): 31–40.
Anggriyani, Ike, and Nurlina Ariani Hrp. 2021. “Peningkatan Daya Ingat Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Dengan Penggunaan Teknik Mnemonic Pada Kelas Xi Mas Al-Barakah.” Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif 4(3): 657–66.
Annisa, Rizki, Bambang Subali, Wawan Prasetyo Heryanto, and Ani Rusilowati. 2018. “Peningkatan Daya Ingat Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Mind Mapping Method Pada Materi Listrik Dinamis.” Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik) 3(1): 19–23.
Ardika, Yokhana. 2016. “Efektivitas Metode Mnemonik Ditinjau Dari Daya Ingat Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X TPA SMK N 2 Depok Sleman.” Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif 7(1): 66–73.
Astarini, Made Indra Ayu, Linda Juwita, and Arif Helmi S. 2019. “Kemampuan Hubungan Interpersonal Dan Hasil Belajar Mahasiswa Keperawatan.” Juranl Ners LENTERA 7(1): 30–36.
Dewi, Ida Ayu Gede Bintang Praba, and Komang Rahayu Indrawati. 2014. “Perilaku Mencatat Dan Kemampuan Memori Pada Proses Belajar.” Jurnal Psikologi Udayana 1(2): 241–50.
Fakhrurrazi, Fakhrurrazi. 2018. “Hakikat Pembelajaran Yang Efektif.” At-Tafkir 11(1): 85–99.
Fatayati, Nur Ummi, and Kholifatus Sa’diyah. 2023. “Efektivitas Penerapan Metode Shalat Tahajud Terhadap Peningkatan Daya Ingat Santri Tahfidz Putri Tingkat I Al-Karimiyah.” Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman 11(1): 47–58.
Hamonangan, Ronald Haries. 2020. “Peningkatan Daya Ingat Menggunakan Model Pembelajaran Brain Based Learning.” Dharmas Education Journal (DE_Journal) 1(2): 201–8.
Juliana, Juliana. 2018. “Upaya Meningkatkan Daya Ingat Anak Menghafal Hadits Melalui Metode Gerakan.” Aṭfālunā: Journal of Islamic Early Childhood Education 1(2): 64–68.
Kholifah, Imro’atul. 2022. “Profil Dan Validitas Media Permainan ‘Bola Api’ Pada Materi Sel Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengingat Siswa Kelas XI.” Bioedu : Berkala ilmiah Pendidikan Biologi 11(1): 98–106. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu.
Ndasi, Alensiana Ayuti Ratna et al. 2023. “Peningkatan Daya Ingat Siswa Sd Melalui Metode Simulasi.” Jurnal Citra Pendidikan Anak 2(1): 17–23.
Noviani, Delita, and Wasidi. 2018. “Peran Layanan Bimbingan Belajar Dengan Peta Pikiran (Mind Map) Terhadap Kemampuan Mengingat Siswa Di SMP Negeri 11 Kota Bengkulu.” Triadik 17(2): 39–44.
Nurhalifah, Nurdiyah Lestari, and St Muthmainnah Yusuf. 2020. “Efektifitas Media Pembelajaran Word Search Puzzle Dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa Pada Materi Ekosistem Kelas VII Di SMP Muhammadiyah Kupang.” Jurnal Biosains dan Edukasi 2(1): 17–23.
Perdana, Fitri, and Dian Sinaga. 2023. “Meningkatkan Keterampilan Literasi Informasi Guru Dan Siswa Di Era Digital.” Jurnal Kajian Budaya dan Humaniora 5(1): 33–37.
Prasetyo, Wijar, and Shandy Asmowisnu Saputra. 2016. “PENGARUH SENAM OTAK TERHADAP DAYA INGAT ANAK KELAS V SEKOLAH DASAR Di SD Muhammadiyah 11 Surabaya.” (20): 36–40.
Putri, Diana Shaleh, Darul Ilmi, Jasmienti Jasmienti, and Alimir Alimir. 2023. “Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Mind Map Terhadap Daya Ingat Siswa Pada Materi Ski Kelas VIII Di MTSN 3 Pasaman.” Concept: Journal of Social Humanities and Education 2(2): 65–83.
Rabiudin, Rabiudin, Rusdin Rusdin, and Wa Maimuna. 2022. “Telaah Kognitif: Pemetaan Kemampuan Mengingat Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Dan Matematika.” Jambura Physics Journal 4(1): 1–13.
Rahayu, Ayu Puji, Dindin Sofyan Abdullah, and Ahmad Andy Setiady. 2023. “Pengaruh Pengaplikasian Metode Mnemonic Terhadap Daya Ingat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Al Burhan Staidaf 3(1): 1–9. http://jurnal.staidaf.ac.id/.
Rochanah, Siti. 2021. “Upaya Meningkatkan Daya Ingat Tentang Materi Keseimbangan Lingkungan Dengan Menerapkan Teknik Mind Mapping.” Journal on Education 4(1): 114–27.
Roibah, Roibah, Muhammad Faizul Amirudin, and Muhammad Qomarullah. 2024. “Pengaruh Penggunaan Media Puzzel Terhadap Kemampuan Daya Ingat Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri Air Lesing Musi Rawas.” Edification Journal : Pendidikan Agama Islam 6(2): 149–63.
Rositawati, Dwi Nugraheni. 2019. “Kajian Berpikir Kritis Pada Metode Inkuiri.” Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya) 3: 74–84.
Sandi, Alfun, and Neviyarni Neviyarni. 2021. “Ingatan II : Pengorganisasian,Lupa Dan Model-Model Ingatan.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3(1): 115–23.
Siti Anisah, Ani, Rudi Akmal, and Iis Salwa Maulidah. 2022. “Meningkatkan Kemampuan Daya Ingat Siswa Melalui Metode Bernyanyi Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.” Jurnal Pendidikan UNIGA 16(1): 581–91.
Susanto, Primadi Candra, Dewi Ulfah Arini, Lily Yuntina, and Josua Panatap. 2024. “Konsep Penelitian Kuantitatif : Populasi , Sampel , Dan Analisis Data ( Sebuah Tinjauan Pustaka ).” JIM :Jurnal Ilmu Multidisiplin 3(1): 1–12.
Syafni, Elgi, Yarmis Syukur, and Indra Ibrahim. 2013. “Masalah Belajar Siswa Dan Penanganannya.” Konselor : Jurnal Ilmiah Konseling 2(2): 15–19.
Syariah, Eva Nur, Mia Mahromiyati, and M. Faizal Sandiyansah. 2020. “Analisis Mengenai Ciri-Ciri Belajar Siswa SD Yang Memiliki Kemampuan Daya Ingat Tinggi.” Nusantara : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial 2(1): 71–74. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara.
Yunaili, Herma, and Riyanto Riyanto. 2020. “Penerapan Media Kartu Kata Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dan Daya Ingat Anak.” Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan 10(2): 221–33.